9 October 2013

by Bambang Winarso

Susul LG, Samsung Resmi Umumkan Smartphone Layar Fleksibel Pertama: Galaxy Round

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita terkait teknologi layar fleksibel, bisa dikatakan teknologi ini menjadi tren terbaru yang diprediksi akan jadi senjata baru produsen gadget, dan memunculkan wacana panas setelah sebelumnya kita dicecar dengan kemunculan berbagai gadget wearable seperti Samsung Galaxy Gear, Sony Smartwatch 2 dan Qualcomm Toq.

Di 'pole position' kita bisa temukan LG yang sepertinya sudah memanaskan mesin dengan rumor kehadiran LG Z/Flex yang diprediksi menjadi perangkat pertama berlayar fleksibel. Terlihat serius, LG bahkan dikabarkan siap merilis smartphone ini di bulan November tahun ini juga.

Tapi LG harus gigit jari karena Samsung justru medahuhului mereka dengan mengumumkan secara resmi kehadiran smartphone layar fleksibel pertama mereka yaitu Samsung Galaxy Round. Penamaan smartphone ini cocok dengan rumor pendaftaran merek dagang ke kantor paten dan merk dagang Amerika Serikat (USPTO) oleh Samsung beberapa saat yang lalu.

Samsung Galaxy Round akan diluncurkan di SK Telecom, Korea Selatan, beberapa spesifikasi yang TRL temukan cukup mengesankan misalnya dari sisi dimensi, Galaxy Round memiliki ketebalan 7.9mm dan berat 154g. Sementara untuk menyokong tenaga, ada baterai berkapasitas 2800 mAh.

Sayangnya Galaxy Round ternyata belum beroperasi dengan Android 4.4, melainkan masih menggunakan Android 4.3, padahal sebagai perangkat terbaru, tentu banyak fans menunggu kehadiran Android 4.4 di dalamnya. Di bagian prosesor, Samsung menanamkan prosesor quad-core dengan kecepatan 2.3 GHz dipadu dengan RAM 3GB.

Samsung Galaxy Round dan Galaxy Note 3 mempunyai kesamaan di bagian ukuran layar dan kamera yang sama-sama 5.7 inci dan 13MP.  Perbedaan keduanya terletak pada garis lekukan di Galaxy Round yang menyerupai desain Samsung OLED TV.

Sejauh ini belum jelas apa kelebihan teknologi layar fleksibel di Galaxy Round, namun Samsung menandai fitur bernama Round Interaction yang memudahkan pengguna melihat informasi berupa panggilan, kapasitas baterai, dan informasi waktu saat posisi smartphone Anda miringkan di atas permukaan datar dengan kondisi layar mati.

Selain itu Samsung juga mengklaim teknologi ini membawa perubahaan baru pada sisi tatap muka terutama saat menikmati musik dan aplikasi foto.

Belum ada informasi terkait tanggal ketersediaan Galaxy Round di pasar global, yang pasti smartphone ini akan dirilis besok di Luxury Brown dengan banderol $1,013 atau Rp 11.8 Juta.

Sumber berita TheVerge.