Categories

Gadget

Samsung Z1, Smartphone Tizen Pertama Akan Meluncur di India 10 Desember Nanti?

Bambang Winarso - 2 December 2014

Gembar-gembor smartphone berbasis Tizen sudah merebak sejak tahun lalu. Sempat meresmikan Samsung Z di Juni lalu namun kemudian hampir tak ada perkembangan terbaru yang menggembirakan.

Sampai akhirnya baru-baru ini muncul secercah harapan yang dilansir oleh Reuters. Artikel tersebut menyebutkan adanya smartphone Tizen bernama Samsung Z1 yang akan dirilis di India pada 10 Desember mendatang.

Meskipun tak lagi menjadi kejutan, kehadiran smartphone berbasis Tizen dari Samsung ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Yang pertama dikarenakan menurut sumber, Samsung Z1 akan dilepas dengan banderol di bawah $100 per unitnya.

Dan hal menarik lain tentunya banyak penikmat gadget yang mungkin masih merasa penasaran dengan fitur dan tatap muka Tizen OS v2.3 yang ditanamkan oleh Samsung.

Sementara dari segi teknis, Samsung Z1 diyakini terbalut layar WVGA berukuran 4 inci. Di bagian dalam perangkat terdapat prosesor dual-core Spreadtrum SC7727S berkecepatan 1,2GHz yang dipadukan dengan grafis Mali-400. Kemudian mengingat smartphone ini terbilang murah wajar bila hanya berbekal komponen RAM 512MB, kamera 3,2MP dan kamera depan hanya beresolusi VGA.

 

Info Menarik: Acompli Resmi Berlabuh ke Microsoft Dengan Harga $200 Juta

 

Yang cukup menarik, perangkat tetap mendukung fitur dual SIM sebagaimana smartphone modern, lalu dukungan jaringan 3G, WiFi, Bluetooth 4.0 dan FM Radio.

Sistem operasi Tizen telah dikembangkan sedemikian rupa oleh Samsung untuk dapat digunakan di beragam perangkat mulai smartphone, komputer PC, media player, printer,tablet, smart TV, hingga yang masih segar di ingatan adalah di smartwatch Gear S dan Gear Fit.

Dan untuk ke sekian kalinya India menjadi target pasar para produsen perangkat dunia. Sebelumnya India juga menjadi debut perdana smartphone berbasis Android One. Kemudian Mozilla bersama-sama dengan Intex dan jangan lupakan vendor asal Tiongkok, Xiaomi, yang juga sudah hadir di sana.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrai Samsung Z.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter