5 January 2015

by Bambang Winarso

Seagate Perkenalkan Trio Hard Disk: Seven, Wireless dan Personal Cloud

Vendor pembuat perangkat penyimpanan, Seagate, baru saja memperkenalkan trio hard disk terbaru untuk pengguna personal. Produk itu antara lain Seagate Seven, Wireless dan Personal Cloud. Ketiganya akan dipamerkan di ajang CES 2015 Las Vegas besok.

Seagate Seven, Wireless dan Personal Cloud merupakan perangkat tipe hard disk yang menawarkan fitur-fitur unik dan peruntukkan yang berbeda.

 

Info Menarik: Seagate Hadirkan Hard Disk 8 Terabyte Pertama di Dunia

 

Yang pertama adalah Seagate Seven, hard drive ultra-thin yang mengedepankan portabilitas, ringan dan mudah dibawa. Kemudian Seagate Wireless menonjolkan kemampuan untuk terhubung ke perangkat lain misalnya smartphone dan tablet. Dan terakhir Seagate Personal Cloud menawarkan fitur backup otomatis dan kemudahan akses ke data dari perangkat berbeda tanpa batasan tempat dan waktu.

Seagate Seven menawarkan kapasitas penyimpanan 500GB, berbalut body metal dengan ketebalan hanya 7mm. Kelebihannya terletak pada dimensi perangkat yang tipis sehingga mudah dibawa baik di dalam tas, koper, ransel atau bahkan kantong celana. Seagate Seven mulai dijual pada akhir bulan Januari dengan banderol mulai $100 per unitnya.

 

Info Menarik: Seagate Kembali Rilis Eksternal Hard Drive Model Wireless Plus, Kini Berkapasitas 500GB dan 2TB

 

Berikutnya, Seagate Wireless. Sebuah hard disk dengan fitur dan kemampuan fleksibel, menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses data lewat koneksi ke smartphone dan tablet. Perangkat menawarkan kapasitas penyimpanan 500GB dalam lima balutan warna yang semarak.

 

Info Menarik: Menjajal Seagate Backup Plus Fast, Portable Drive Berkapasitas 4TB Pertama di Dunia

 

Koneksi nirkabel yang tertanam di dalamnya dapat digunakan untuk mengirim data seperti foto dan video dari smartphone atau tablet. Serta dapat digunakan untuk mengakses data lewat aplikasi mobile Seagate. Dibekali baterai yang mampu bertahan hingga 9 jam. Untuk dapat membawa pulang Seagate Wireless Anda harus merogoh kocek sebesar $130.

Terakhir adalah Seagate Personal Cloud, hard disk yang berfungsi seperti server rumahan yang terdiri dari tiga pilihan kapasitas mulai 3TB, 4TB dan 5TB. Untuk varian terendah Seagate membanderol perangkat ini sebesar $170 per unitnya.

 

Info Menarik: Versi Dual-SIM Lumia 1330 Dilaporkan Akan Hadir di Indonesia

 

Yang membuat Seagate Personal Cloud istimewa adalah kemampuannya untuk mem-back-up data setiap komputer di rumah kemudian menyalinnya ke layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive atau Amazon S3.

Konten-konten semisal video full HD juga bisa disiarkan ke perangkat lain atau menggunakan aplikasi Seagate Media. Sama seperti dua varian lainnya, Seagate Personal Cloud baru akan dijajakan pada akhir Januari tahun ini.

Sumber berita Engadget.