1. Entrepreneur

Simak Analisis SWOT Bisnis Minuman Berikut Ini, Lengkap!

Memahami apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari bisnis minuman guna memiliki persiapan komprehensif sebelum membuka bisnis minuman.

Indonesia merupakan negara yang letaknya dilalui oleh garis khatulistiwa. Akibatnya, Indonesia memiliki iklim tropis yang disinari oleh matahari sepanjang tahun serta suhu udara yang cukup tinggi. Tak heran, masyarakat Indonesia sering merasa gerah terutama pada musim kemarau, di mana suhu terasa panas.

Nah, salah satu solusi dari kegerahan adalah dengan minum. Selain mengembalikan cairan tubuh, minum juga memberi efek menyegarkan, apalagi jika meminum minuman dingin.

Sejak dahulu, banyak minuman tradisional yang dijajakan di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari es cendol, es campur, es doger, es oyen, es kelapa muda, hingga minuman sederhana namun digemari semua kalangan yakni es teh manis.

Oleh sebab itu, pada dasarnya bisnis minuman memiliki potensi besar di Indonesia. Tapi, masih banyak lagi kelebihan dari bisnis minuman yang perlu Anda ketahui. Simak selengkapnya pada analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) bisnis minuman berikut ini, ya!

Analisis SWOT Bisnis Minuman

Strength (Kekuatan)

Strength merupakan unsur internal yang menjadi keunggulan dari suatu bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Modal relatif kecil
  2. Harga bahan baku relatif murah
  3. Bahan baku mudah ditemukan
  4. Proses pembuatan mudah dan tergolong cepat
  5. Tidak perlu keahlian khusus
  6. Mudah dijalankan
  7. Manajemen bisnis sederhana
  8. Perputaran uang yang relatif cepat

Weakness (Kelemahan)

Selanjutnya yakni weakness, yaitu kekurangan internal dari bisnis yang dapat menghambat keberjalanan bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Banyak minuman yang sifatnya musiman atau mengikuti tren
  2. Terdapat kemungkinan produk rusak (mencair, basi, dll)
  3. Minuman kekinian bukan kebutuhan primer
  4. Perlu ditunjang lokasi yang strategis
  5. Kurang memiliki keunikan atau nilai lebih

Opportunity (Peluang)

Unsur berikutnya adalah opportunity, yakni kesempatan bagi bisnis untuk semakin berkembang. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Digandrungi mayoritas masyarakat Indonesia
  2. Minuman cenderung dapat diterima seluruh kalangan usia, ekonomi, dan gender
  3. Solusi mengatasi kegerahan
  4. Adanya musim kemarau di Indonesia meningkatkan permintaan minuman
  5. Permintaan pasar selalu ada
  6. Gaya hidup konsumtif
  7. Terdapat berbagai pilihan minuman dan rasa yang dapat disesuaikan dengan selera pasar

Threat (Ancaman)

Unsur terakhir adalah threat yang berisikan hal-hal yang dapat menghambat keberjalanan bisnis. Dalam bisnis minuman, analisisnya adalah sebagai berikut:

  1. Tren berubah dengan cepat
  2. Banyaknya kompetitor bisnis minuman
  3. Menjamurnya kedai kopi
  4. Ekonomi tidak stabil
  5. Harga bahan baku dapat naik sewaktu-waktu
  6. Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula
  7. Maraknya kampanye hidup sehat
  8. Potensi permintaan yang menurun bila musim hujan

Demikian analisis SWOT bisnis minuman yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ini. Perlu diketahui, pembahasan di atas merujuk pada bisnis minuman secara umum. Tentunya setiap jenis minuman memiliki analisis SWOT yang lebih terperinci, namun analisis di atas dapat memberikan gambaran besar mengenai keempat unsur SWOT untuk bisnis minuman.

Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again