1. Startup

SIRCLO Dikabarkan Galang Pendanaan Seri C

Vertex Ventures telah masuk ke putaran ini menggelontorkan dana 156,7 miliar Rupiah

Startup pengembang solusi e-commerce enabler SIRCLO dikabarkan tengah menggalang pendanaan baru dalam putaran seri C. Menurut data VentureCap Insight, saat ini Vertex Ventures telah berpartisipasi ke dalam putaran tersebut dengan menggelontorkan dana Rp10,4 juta atau setara 156,7 miliar Rupiah.

Ketika dihubungi, pihak SIRCLO menolak untuk berkomentar mengenai pendanaan baru ini.

Sebelumnya SIRCLO telah menerima pendanaan seri B dalam beberapa putaran diikuti oleh sejumlah investor termasuk East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, Traveloka, dan beberapa lainnya. Nilai yang diumumkan mencapai 512 miliar Rupiah dengan fokus utama meningkatkan kapabilitas teknologi serta mengakselerasi digitalisasi ritel bagi berbagai usaha di Indonesia.

Perusahaan tengah mengejar target profitabilitas dan pertumbuhan jangka panjang, termasuk dilakukan dengan cara efisiensi operasional. Menjelang akhir tahun 2022 lalu, SIRCLO secara resmi mengumumkan pengurangan 8% dari total karyawan yang dimiliki.

Di sisi lain, seluruh unit bisnis yang ada juga terus dioptimalkan dengan menitikberatkan pengembangan lini bisnis e-commerce enabler yang melayani klien korporasi. Salah satu realisasinya dilakukan bersama Bio Farma dengan mengembangkan platform marketplace B2B terpadu bernama "Medbiz".

Namun demikian fokusnya ke UMKM juga masih akan tetap ditajamkan melalui solusi terpadu yang dimiliki. Saat ini SIRCLO memiliki 4 lini layanan utama, mulai dari SIRCLO Store, Swift, SRICLO Commerce, dan ICUBE.

Menurut data yang disampaikan di situs mereka, saat ini telah melayani sekitar 150 ribu brand dan menjangkau lebih dari 25 juta konsumen melalui 80 lebih titik distribusi. Solusinya kini juga diperluas berkat akuisisinya atas Orami dan Warung Pintar, salah satunya dengan masuk ke model bisnis social commerce.

Bisnis e-commerce enabler memang masih mendapatkan momentum seiring dengan pertumbuhan pesat e-commerce di Indonesia yang diproyeksi akan menciptakan nilai ekonomi $95 miliar di tahun 2025 nanti. Sejumlah pemain pun turut kencangkan ikat kepala untuk memenangkan momentum pasar. Salah satunya Shipper yang belum lama ini memperkenalkan Aloshop untuk melengkapi solusi bagi UMKM. Sebelumnya fokus Shipper adalah sebagai agregator layanan logistik.

More Coverage:

Bulan Mei 2023 ini Power Commerce Asia juga baru mengantongi pendanaan pra-seri B, dengan salah satu fokus utamanya untuk mengoptimalkan layanan PowerBiz sebagai one-stop technology platform yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis omnichannel, B2B, B2C, dan manajemen distribusi rantai pasok.

Peta persaingan bisnis e-commerce enabler memang sudah mulai ramai sejak lima tahun lalu, saat kanal digital menjadi rujukan utama banyak peritel untuk menjual produk mereka. Tak heran jika para pemain yang ada terus berusaha meningkatkan kapabilitas dan perluasan layanan untuk menghadirkan proposisi nilai yang lebih meyakinkan bagi para pengguna.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again