1. DScovery

Skill: Pengertian, Jenis, dan Tips Meningkatkannya

Skill adalah hal penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Memiliki skill yang mumpuni adalah hal paling penting yang bisa digunakan dalam dunia kerja. Sebab, setiap pekerjaan pasti membutuhkan skill yang sesuai agar bisa diselesaikan dengan tepat dan efektif.

Selama ini, banyak orang yang menganggap bahwa skill hanya terdiri dari dua jenis, yakni soft skill dan hard skill saja. Padahal, sebenarnya skill terdiri atas beberapa jenis berdasarkan cara mengembangkannya.

Lantas, apa saja jenis-jenis skill dan bagaimana tips untuk meningkatkannya? Simak penjelasan selengkapnya di sini!

Apa Itu Skill?

Skill adalah kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu. Kemampuan ini bisa didapatkan oleh seseorang secara manual atau melalui pelatihan, pengalaman, maupun kebiasaan.

Skill juga dapat dikembangkan dan ditingkatkan dengan cara latihan. Beberapa hal yang berkaitan dengan skill, seperti pengetahuan, kompetensi, serta kemampuan saat menjalankan tugas operasional.

Jenis-Jenis Skill

Soft skill dan hard skill adalah dua jenis skill yang paling sering dikenali. Selain dua jenis tersebut, skill juga memiliki beberapa jenis lain, berikut di antaranya.

1. Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, baik secara individu maupun kelompok. Beberapa contoh soft skill, meliputi komunikasi, kepemimpinan, empati, integritas, semangat berkembang, kemampuan adaptasi, dan lain sebagainya.

2. Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan yang bersifat teknis dan bisa dipelajari serta ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Hard skill meliputi kemampuan menulis, menggambar, public speaking, analisis dan lain sebagainya.

3. Upskilling

Upskilling adalah proses mempelajari atau meningkatkan kemampuan dalam bidang yang baru. Umumnya, upskilling dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli dalam suatu bidang tertentu dan ingin mempelajari bidang lainnya.

4. Reskilling

Berbeda dengan upskilling, reskilling adalah upaya untuk mengganti skill yang lama dengan yang baru karena dirasa sudah tidak lagi relevan. Reskilling biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin melakukan switch career dalam pekerjaannya.

5. Transferable Skill

Transferable skill adalah kemampuan yang dapat ditransfer dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Sebagai contohnya, skill komunikasi dapat ditransfer dengan public speaking.

Tips Meningkatkan Skill

Skill adalah kemampuan paling penting yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Oleh sebab itu, skill harus selalu ditingkatkan agar dapat berkembang. Berikut adalah beberapa tips meningkatkan skill yang bisa kamu terapkan.

1. Sesuaikan antara Skill dengan Bidang Karirmu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan skill adalah dengan memilih skill yang sesuai dengan bidang karirmu. Pasalnya, skill adalah salah satu komponen utama yang menunjang pekerjaanmu agar dapat berjalan dengan lancar.

2. Tentukan Tujuan dan Buat Rencana

Langkah selanjutnya, tentukan tujuan jangka pendekmu. Apabila tujuanmu sudah jelas, kamu bisa membuat rencana yang meliputi bagaimana cara kamu belajar, berlatih dan mengevaluasi kemampuanmu.

3. Terus Belajar dan Berlatih

Salah satu kunci dalam meningkatkan skill adalah dengan belajar dan berlatih secara rutin. Terkadang, proses ini menjadi hal yang paling melelahkan, karena belajar memerlukan waktu, tenaga, dan juga biaya. Namun, kamu harus bersabar agar proses belajar dan latihan ini dapat membuahkan hasil.

4. Ikut Program Pelatihan atau Kelompok

Tidak semua orang dapat belajar secara otodidak. Oleh sebab itu, jika kamu sudah merasa jenuh atau bosan dengan cara belajarmu, mungkin kamu bisa mencoba cara baru dengan mengikuti program pelatihan atau kelompok belajar.

5. Pantau Perkembanganmu

Agar proses meningkatkan skill yang kamu lakukan membuahkan hasil, jangan lupa untuk terus memantau perkembanganmu. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kelemahanmu dan bagaimana cara untuk memperbaikinya.

6. Lakukan Evaluasi

Langkah terakhir, lakukan evaluasi untuk memperbaiki apa saja yang masih menjadi kekuranganmu. Evaluasi ini juga dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif cara belajarmu agar dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah penjelasan mengenai skill, mulai dari pengertian, jenis, hingga tips untuk meningkatkannya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again