Categories

Berita

Openspace, MDI, dan AC Ventures Inisiasi Program Dukungan untuk Startup Lokal

Diawali dengan kembangkan id.supportstartups.com, kumpulkan promo-promo produk startup

Randi Eka - 18 May 2020

Dalam rangka memberikan dorongan kepada startup di Indonesia, gerakan #StartupBergerakBersama diinisiasi oleh Openspace Ventures, MDI Ventures, dan AC Ventures. Gerakan ini mengajak masyarakat dan para wirausahawan untuk saling mendukung keberlangsungan startup dan merek lokal.

Sebagai langkah awal, ketiga pemodal ventura tersebut mengembangkan situs id.supportstartups.com yang berisi berbagai aktivitas promosi yang ditawarkan startup. Gerakan ini sebenarnya terinspirasi dari program serupa #SupportStartup yang dilakukan di Singapura; dan masih terafiliasi dengan program tersebut.

Saat ini sekitar 30 startup telah terdaftar di situs tersebut, dari berbagai vertikal meliputi logistik, e-commerce, SaaS, hingga coworking space. Mulai dari Akseleran, CoHive, Justika, Tanihub, dan lain-lain.

“Usaha kami dalam menghadapi krisis ini melampaui perusahaan portofolio kami dan telah mempengaruhi ekosistem startup secara menyeluruh. Kami sadar bahwa semua startup berisiko dan kita bersama-sama melindungi mereka. Ekosistem ini adalah komunitas kita bersama dan gerakan ini adalah upaya kami untuk menyampaikan bahwa kami 100% mendukung semua usaha,” ujar Partner Openspace Ventures Hian Goh.

CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan, sejak wabah Covid-19, MDI Ventures telah memulai beberapa gerakan seperti webinar mingguan dan situs indonesiabergerak.com dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana bisnis.

“#StartupBergerakBersama akan menjadi aksi pertama yang membantu perusahaan startup untuk meningkatkan traction dalam masa sulit ini bersama dengan teman-teman kami dari komunitas modal ventura,” ujar Donald.

Bagi startup digital – termasuk di luar portofolio ketiga modal ventura tersebut, dapat turut berpartisipasi meramaikan inisiatif ini dengan mendaftarkan diri dan mempublikasikan promonya melalui situs tersebut.

Di sisi lain, Amazon Web Services (AWS) tengah menawarkan US$5 ribu kredit promosi bagi startup yang mendaftarkan diri dalam program AWS. Kredit tersebut akan ditawarkan dalam program AWS Activate, yaitu program yang menyalurkan startup dengan infrastruktur komputasi awan yang terjangkau dan mudah digunakan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter