1. Lifestyle

Tahun 2013 Berlalu, Grand Theft Auto V Laris 32,5 Juta Kopi

Mendapatkan ratusan penghargaan di tahun 2013 masih belum mampu menggambarkan efek yang diberikan Grand Theft Auto V pada khalayak industri gaming. Dengan merilis permainan ini di bulan September 2013, sang parent company Take-Two berhasil menjadi salah satu publisher terbesar di dunia, melewati Electronic Arts dan mampu menyaingi Activision Blizzard.

Take-Two membeberkan bahwa total pengiriman game fenomenal garapan Rockstar North, Grand Theft Auto V, tercatat melewati angka 32,5 juta kopi. Sangat mengagumkan mengingat permainan tersebut sejauh ini hanya dirilis untuk dua platform last-generation: Xbox 360 dan PlayStation 3. Dengan jumlah pengiriman yang tinggi ini, pemasukan bersih GAAP untuk kuartal ketiga tahun fiskal 2014 dapat mencapai US$ 1,86 miliar.

 

Info menarik: Menginjak Usia Hampir Sepuluh Tahun, Blizzard Merilis Infografis World of Warcraft

 

Tentu saja rekor ini bukanlah hasil 'kerja keras' Grand Theft Auto V seorang diri. Judul-judul milik Take-Two Interactive lain juga berkontribusi banyak dalam angka tersebut. Tahun lalu, Take-Two merilis kembali Borderlands 2 dengan sub-judul Game of the Year Edtion. Dengan dua versi dilepas di pasar, permainan garapan Gearbox Software ini berhasil 'terjual' lebih dari 8,5 juta kopi. Belum lagi jika dijumlahkan dengan penjualan NBA 2K14 yang laris lima juta kopi semenjak dirilis di bulan Oktober lalu.

Sang Chairman dan CEO Take-Two, Strauss Zelnick, mengungkapkan, "Sebagai hasil performa penjualan dari kuartal ketiga, kami sekali lagi berhasil meningkatkan pemasukan dan keuntungan untuk tahun fiskal 2014, yang menjadi rekor baru bagi Take-Two."

Sekedar informasi tambahan, beberapa waktu lalu Electronic Arts pernah mencoba mengakuisisi Take-Two. Mereka memasang umpan senilai US$ 2 juta pada kail dengan harapan Take-Two menggigitnya tanpa ragu. Namun perusahaan ini berpikir dengan jernih, kemudian menolaknya. Hari ini, Take-Two berada di puncak kejayaannya, sedangkan Electronic Arts berusaha mati-matian untuk tetap berada di dalam arena permainan.

 

Info menarik: Gamer Bertualang Selama Tiga Tahun Untuk Mencari Ujung Dunia Minecraft

 

Untuk Grand Theft Auto V sendiri, angka 32,5 juta kopi yang Anda lihat adalah hasil perhitungan publisher atas kopi game yang berhasil mereka distribusikan ke retailer di seluruh dunia. Dan hal ini bukan berarti terdapat 32,5 juta orang yang masing-masing memiliki satu kopi GTA V. Keuntungan yang Take-Two dapatkan mungkin tidak bisa merefleksikan pemasukan para retailer. Dan untuk mengetahui lebih lanjut, Anda harus mengetahui faktor demografi pengguna Xbox 360 dan juga PlayStation 3.

Sayangnya setelah merilis detail data ini, baik pihak Rockstar maupun Take-Two masih bungkam soal versi PC, PS4 dan Xbox One Grand Theft Auto V. CEO Take-Two lain, Karl Slatoff, berkomentar, "Hingga saat ini kami tidak bisa berkata apa-apa. Kami belum mengumumkan apapun yang berkaitan dengan ketersediaan GTA V di platform lain." Padahal, kita sendiri sudah banyak mendapatkan petunjuk tentang versi PC game ini...

Via The Escapist Magazine. Gambar header: Rockstargames.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again