Tak Mau Kalah dari Samsung, LG Juga Tanamkan Kartu SIM di LG G Watch?

LG tengah serius mengembangkan jam tangan pintar bernama LG G Watch. Berbeda dengan perangkat serupa buatan vendor lainnya, jam tangan pintar ini menggunakan sistem operasi Android Wear yang dirancang khusus untuk wearable device.

Di kesempatan lain, Samsung dikabarkan sedang membangun perangkat jam tangan pintar yang mampu beroperasi sendiri tanpa dukungan smartphone plus dilengkapi dengan dukungan kartu SIM. Entah sengaja atau hanya masalah momen saja, sebuah situs berbahasa Jepang RBMen melansir kabar bahwa LG tak mau kalah dan melakukan langkah serupa dengan menanamkan dukungan kartu SIM di jam tangan pintar mereka, LG G Watch.

Dukungan kartu SIM di perangkat sekecil jam tangan memang menghadirkan tantangan tersendiri bagi para vendor. Sementara bagi konsumen akan menghadirkan alternatif baru dalam mengakses jaringan internet melalui jam tangan tanpa ditopang oleh smartphone, seperti yang selama ini diadopsi sejumlah model.

 

Info Menarik: LG G3 Resmi Diperkenalkan, Siap Jegal Galaxy S5 dan HTC One M8

 

Keberadaan kartu SIM tentunya, dan sudah seharusnya menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan singkat, melakukan panggilan suara hingga transaksi keuangan melalui jam tangan seperti yang biasa dilakukan melalui smartphone. Pertimbangan ini barangkali sedikit banyak akan membutuhkan penyesuaian baik di sisi piranti lunak ataupun keras.

Di segmen wearable device LG G Watch merupakan salah satu dari sekian perangkat smartwatch yang bersenjatakan Android Wear, merupakan pesaing terdekat Moto 360 yang mengusung OS serupa.

Dalam lansiran terakhir disebutkan LG G Watch akan hadir dalam dua pilihan warna yaitu stealth black dan champagne gold. Selebihnya LG memastikan bahwa smartwatch buatan mereka tahan air dan debu. Dari sisi fitur baru Always On yang dipamerkan terang-terangan oleh LG, selebihnya kita harus menunggu paling cepat kuartal kedua tahun 2014 ini.

Namun jika berkaca pada fitur yang ditawarkan oleh Android Wear, maka kita bisa ungkap sedikit kemampuan perangkat ini nantinya. Seperti kemampuuan menyajikan info on-demand misalnya perkiraan waktu tiba di kantor, fitur reminder, catatan, jadwal penerbangan, hingga didukung personal assistant Google Now.

 

Info Menarik: [Rumor] Pencipta Counter-Strike: Half-Life 3 Sedang Dalam Tahap Pengerjaan

 

Sayangnya apabila jam tangan pintar LG G Watch mendapatkan dukungan kartu SIM, dikabarkan bahwa kemungkinan besar perangkat ini hanya akan dipasarkan melalui operator seluler,  yang kemudian mewajibkan pengguna untuk berlangganan tanpa bisa beralih ke operator lain.

Tentunya belum ada konfirmasi dari pihak LG terkait rumor ini, namun harapannya kendati diperkaya fitur kartu SIM namun pengguna tetap dapat menikmati keleluasaan untuk memilih operator. Berita gembiranya, jika jam tangan pintar ini tersedia untuk pasar lokal, kemungkinan metode seperti itu diterapkan di tanah air sangatlah kecil .

Sumber berita Ubergizmo.