27 January 2015

by Bambang Winarso

Terkena Dampak "Panas" di Snapdragon 810, OnePlus Two Mundur dari Jadwal?

Qualcomm ramai dibicarakan sedang dibuat pusing dengan masalah serius di prosesor Snapdragon 810 yang mengalami "kepanasan". Alhasil sejumlah vendor yang berencana menggunakan komponen tersebut terkena getahnya, OnePlus pun harus menunda peluncuran seri terbaru OnePlus Two dari jadwal yang sudah ditetapkan.

OnePlus Two disebut-sebut dijadwalkan rilis pada kuartal kedua tahun 2015, sang vendor sendiri telah sejak lama membeberkan rencana pembuatan suksesor OnePlus One tersebut dalam waktu dekat.

Namun apalah daya, jika kabar yang dilansir oleh Ubergizmo ini benar maka peminat OnePlus Two harus menahan diri lebih lama sebab permasalahan yang menimpa Snapdragon 810 mengakibatkan OnePlus Two baru dapat diluncurkan pada kuartal ketiga 2015.

 

Info Menarik:Pre-Order di Lazada, OnePlus One 64GB Dipatok Rp 4.499.000

 

Isu Snapdragon 810 yang kepanasan sudah merebak sejak tahun lalu. Sempat pula dituding sebagai biang kerok atas terhambatnya pembuatan perangkat Samsung Galaxy S6 dan LG G4. Pihak Qualcomm selaku pembesut komponen dengan tegas menampik klaim tersebut. Namun bola panas terlanjur bergulir, Qualcomm perlu dengan cepat membuktikan bahwa tudingan tersebut adalah keliru.

Kembali ke soal OnePlus Two. Dalam beberapa kabar terkait perangkat ini, beberapa rumor secara terang-terangan membeberkan spesifikasi yang dibawa. Uniknya dari dua rumor yang beredar, di tautan ini dan ini, tak satupun mengatakan bahwa OnePlus Two akan menggunakan Snapdragon 810, melain sang adik seri 805 berkecepatan 2,7GHz sebagai otak utama perangkat. Kemudian di bagian tatap muka terdapat komponen layar LPTS berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

 

Info Menarik:Oculus VR Siap Serbu Industri Film Dengan Oculus Story Studio

 

Berikutnya komponen RAM 3GB dipadukan dengan memori internal 64GB yang tentu terbilang lega, tetapi sayang tanpa dukungan microSD, kemudian kamera utama 16MP dan kamera pendukung di bagian depan 5MP, baterai 3,300 mAH dan sederet fitur konektivitas pelengkap seperti WiFi, Bluetooth dan 4G LTE.

Apabila rumor ini lebih akurat. Mungkinkah OnePlus beralih ke Snapdragon 805 ketimbang harus menunggu Qualcomm menyelesaikan pekerjaan rumahnya?

Gambar header ilustrasi OnePlus One.