1. DScovery

Analisis Data: Definisi, Jenis, Model, Sampai Prosedurnya

Menurut Bogdan, analisis data adalah proses untuk mencari dan menyusun data secara sistematis.

Analisis data merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang praktisi data. Proses analisis data membutuhkan pemikiran kritis dan pemecahan masalah yang baik. Keterampilan ini diperlukan untuk menentukan metode analisis data yang benar. Penggunaan metode analisis yang tepat memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil analisis. Jika kamu salah memilih metode analisis data, kamu mungkin tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, yang tentunya membutuhkan waktu dan tenaga.

Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui tentang analisis data. Artikel ini mencakup analisis data secara lebih rinci. Mari gulir tulisan di bawah ini!

Definisi Analis Data

Analisis data adalah proses pengolahan data untuk tujuan menemukan informasi yang berguna yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu masalah. Proses analisis ini meliputi kegiatan pengelompokan data berdasarkan karakteristiknya, pembersihan data, transformasi data, pembuatan model data hingga mencari informasi penting dari data tersebut.

Ingatlah bahwa data yang telah melalui proses ini harus disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami, seringkali dalam bentuk bagan atau grafik. Penggunaan teknologi saat ini mempengaruhi sebagian besar aktivitas kita. Teknologi ini tentunya terkait dengan data yang akan terus berkembang setiap saat.

Jika data dibiarkan menumpuk, itu hanya akan sia-sia. Meskipun data dapat diolah dan digunakan untuk memperoleh informasi yang berguna. Oleh karena itu, analisis data merupakan langkah yang sangat penting dalam pengolahan data. Ketika datang ke analisis data, banyak metode atau teknik yang berbeda dapat digunakan.

Jenis Analisis Data

Secara umum, teknik analisis data terbagi menjadi dua kategori, yaitu teknik analisis data untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif. Berikut penjelasannya.

A. Teknik Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif adalah analisis data yang diperoleh dari proses pengumpulan data, dimulai dengan kajian pustaka, partisipasi, dan wawancara. Teknik analisis kualitatif data penelitian dijelaskan di bawah ini.

• Analisis konten

Umumnya, data dikumpulkan atau dihasilkan oleh peneliti yang merekam atau menyusun transkrip materi tekstual seperti gambar atau suara.

• Analisis wacana

Analisis wacana biasanya mengkaji tuturan, bahasa, tulisan, percakapan, dan lain-lain.

• Analisis naratif

Tujuan analisis naratif adalah untuk menganalisis kumpulan deskripsi peristiwa dan fenomena, seperti biografi.

B. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik ini merupakan teknik pengelolaan data yang bersifat numerik dan statistik. Berikut adalah teknik analisis data untuk penelitian kuantitatif.

• Statistik deskriptif

Statistik deskriptif adalah analisis data yang menggunakan teknik-teknik untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data seperti itu, misalnya hitung jumlah atau tanggal pendudukan.

• Statistik inferensial

Teknik statistik inferensial dilakukan dengan membuat inferensi berdasarkan data yang berasal dari variabel penelitian untuk digeneralisasikan. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menentukan apakah data mewakili populasi sekelompok orang.

Model Cara Analisis Data

A. Model Induktif

Model induktif adalah metode analisis data yang diolah dari fakta (data) menjadi teori. Hal ini dilakukan untuk menghindari manipulasi data penelitian sehingga berdasarkan pengetahuan yang kemudian disesuaikan dengan teori.

B. Model Deduktif

Analisis data deduktif adalah analisis data yang merupakan kebalikan dari induktif, yaitu prosesnya didapatkan dari teori ke fakta (data penelitian).

Prosedur Analisis Data

A. Pengolahan Data

Pengolahan data terjadi ketika semua data dikumpulkan dan dipilih sesuai dengan fokus pertanyaan penelitian. Pemrosesan pengolahan data mencakup hal-hal berikut:

• Penyuntingan

Editing atau penyuntingan merupakan langkah paling awal dalam verifikasi data untuk bahan penelitian.

• Pengkodean

Coding atau pengkodean merupakan langkah kedua setelah pemeriksaan data, yang melabeli data dengan simbol atau tanda tertentu untuk bahan analitik.

• Tabulasi

Tabulasi adalah kompilasi atau penyajian informasi sesuai dengan masalah penelitian.

B. Penganalisaan Data

Langkah kedua adalah analisis data, dimana dilakukan penyederhanaan data, klasifikasi dan interpretasi yang mudah. Data yang dikumpulkan dalam penelitian kuantitatif kemudian disusun dengan angka statistik dan data kualitatif dengan simbol atau kata-kata.

C. Penafsiran Hasil Analisis

Langkah terakhir dari teknik analisis data adalah penafsiran hasil analisis. Hal ini dilakukan untuk menginterpretasikan informasi yang dikumpulkan, diolah dan disajikan sebagai sebuah kesimpulan. Untuk menarik kesimpulan, seseorang harus membandingkan hipotesis dengan penelitian yang ditemukan, masuk akal atau tidak, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang data analisis beserta dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again