1. Entrepreneur

Apa itu Social Commerce dan Bagaimana Dapat Membantu Bisnis Anda?

Penjualan online melalui social commerce untuk mengembangkan bisnis

Social commerce merupakan upaya perdagangan dengan menggunakan media elektronik di mana pedagang menjual produknya secara online tetapi tetap memungkinkan konsumen untuk bisa berinteraksi langsung dengan brand, mencari berbagai produk, dan melakukan transaksi.

Social commerce menjadi opsi bagi para pedagang untuk bisa menjangkau seluruh konsumennya yang tersebar di berbagai daerah hanya melalui online platform. Selain itu, dari sisi pelanggan juga akan mendapat kemudahan ketika melakukan pencarian dan pembelian produk karena mereka bisa melakukan checkout langsung dari social commerce platform.

Berdasarkan data dari laporan “Social Commerce 2022” oleh DSInnovate, pasar social commerce di Indonesia pada tahun 2022 mencapai angka 8,6 miliar dolar, dengan pertumbuhan tahunan sekitar 55 persen, dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga mencapai 86.7 miliar dolar pada 2028.

Hasil survei lain yang dilakukan oleh Populix pada September 2022 menunjukkan social media platform yang paling banyak digunakan untuk berbelanja adalah TiktokShop (46%), WhatsApp (21%), Facebook Shop (10%), Instagram Shop (10%).

Sedangkan untuk kategori yang paling banyak dibeli adalah pakaian (61%), beauty product (43%), food and beverages (38%), cellphone and accessories (31%), home appliances (24%), woman's bag (24%), electronic equipment (21%), dan hobby (21%). Menyusul dari laporan yang sama, social commerce platform yang paling banyak diketahui dan dipakai adalah evermos (21%), kitabeli (17%), dusdusan (14%), dagangan (11%), mapan (9%). Platform social commerce lainnya adalah Selleri, Grupin, CrediMart, Woobiz, Chilibeli, dan Ibusibuk.

Manfaat Social Commerce

  • Memperluas potential consumen target. Anda dapat menjangkau seluruh target potensial Anda secara online dan akan mendorong pertumbuhan penjualan produk Anda.
  • Membantu meningkatkan brand awareness dan brand image. Anda dapat menyajikan konten dalam bentuk foto atau video dan memanfaatkan berbagai fitur serta iklan.
  • Proses transaksi yang sederhana. Proses transaksi yang cepat dan sederhana akan memberikan pengalaman belanja terbaik untuk pelanggan sehingga memungkinkan adanya pembelian ulang.
  • Jejak digital yang membekas. Target pembeli potensial Anda akan dengan mudah melihat ulasan dari produk Anda yang akan mempengaruhi keputusannya dalam pembelian produk.

Mari Kita Bahas Beberapa Platform Social Commerce yang Populer

Mapan

Startup yang didirikan Aldi Haryopratomo ini mengawali perjalanannya dengan menjadi salah satu pionir agen layanan pulsa dan PPOB (payment point online bank) yang beroperasi di Jawa dan Bali.

Kemudian pada 2015, meluncurkan Mapan Arisan, terobosan untuk memenuhi kebutuhan produk dasar rumah tangga melalui aplikasi arisan digital. Produk tersebut akhirnya menjadi flagship dan pembeda di antara pemain social commerce kebanyakan.

Echo

Echo mengusung konsep community group buying yang diharapkan bisa bersaing dengan menggerakkan komunitas yang dimiliki oleh masing-masing pelaku UMKM untuk kemudian memanfaatkan layanan dan teknologi Echo mengadopsi usaha mereka secara online.

Instagram

Instagram memiliki kekuatan untuk berbagi cerita dalam bentuk foto atau video sehingga cocok untuk membangun brand image dari produk Anda. Anda juga dapat menautkan akun Instagram shop Anda dengan Facebook shop dan website dari store Anda, mengunggah katalog produk, membuat kategori, memberikan deskripsi mendetail, serta menyematkan harga dari setiap produk.

Selain itu, ketika membuat instastory produk di Instagram, Anda dapat menggunakan fitur sticker berupa link yang akan mengarahkan calon konsumen Anda untuk langsung melakukan checkout. Fitur lain yang disediakan Instagram adalah Anda dapat mencantumkan tag di cerita atau postingan, menyorot produk terbaik Anda (highlight story), dan instagram Ads.

Tiktok

Tiktok memungkinkan pedagang untuk menjual produknya melalui Tiktok Shop atau berjualan melalui Tiktok livestream. Pedagang juga dapat menggunakan jasa influencer Tiktok untuk mempromosikan produknya.

Kemampuan Aplikasi ini untuk membuat konten viral dalam semalam menjadi potensi baru untuk para pedagang memperkenalkan bisnisnya kepada jutaan calon pelanggan potensial yang ada di Tiktok. Selain berbelanja melalui in-feed videos, video livestream, dan tombol 'Shop Now' pada bio akun pedagang yang ditautkan dengan website atau e-commerce, Tiktok saat ini juga menyediakan fitur dimana pedagang dapat menampilkan produknya dan berbelanja langsung melalui Tiktok.

Facebook

Dengan halaman Facebook bisnis, Anda dapat memasukkan katalog produk Anda dan Facebook akan menampilkan katalog tersebut berdasarkan preferensi dan riwayat pencarian atau riwayat belanja konsumen, ini akan meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

Transaksi dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Facebook atau Anda dapat mengarahkan pembeli ke situs khusus pembelian yang Anda miliki.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Social Commerce

Gunakan fitur Chat Bot

Fitur Chat Bot akan membantu konsumen Anda untuk tetap merasa terhubung dengan layanan konsumen karena chat bot dapat melayani pertanyaan konsumen 24/7. Meskipun beberapa pertanyaan tidak bisa dijawab oleh bot dan butuh dijawab langsung oleh admin, setidaknya store Anda tidak membuat pelanggan merasa diabaikan diawal.

Bangun keterikatan dengan pelanggan atau followers

Anda bisa menciptakan pengalaman belanja terbaik untuk konsumen dan membuat konsumen Anda selalu merasa terhubung dengan cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, misalnya menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan, membalas komentar pelanggan, dan bertindak responsif.

Minta ulasan produk dari pelanggan

Banyak dari konsumen yang membaca ulasan sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Ulasan memiliki peran penting untuk mempengaruhi keputusan konsumen apakah akan membeli suatu produk atau tidak. Konsumen dapat memberikan ulasan dalam bentuk komentar, foto atau video.

Apabila konsumen memberikan ulasan dalam bentuk foto atau video di Instagram, Anda dapat melakukan repost ulasan pelanggan tersebut supaya membuat pengalaman belanja pelanggan Anda semakin berkesan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again