DScovery

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Membuat surat lamaran kerja dalam bentuk email punya trik sendiri. Ikuti panduan berikut agar suratmu dilirik perekrut.

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, berkas lamaran kerja tak perlu lagi dikirim secara fisik melalui pos. Sudah banyak loh perusahaan yang meminta berkas lamaran kerja berupa email.

Apalagi kalau kamu ingin melamar pekerjaan ke perusahaan startup. Perusahaan yang identik dengan gagasan kekinian tersebut sudah pasti menekankan karakter yang sama pada pegawainya, yaitu up-to-date dengan perkembangan zaman.

Misalnya dengan memberi nilai plus bagi pelamar yang mengirim surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Nah, biar kamu nggak kelihatan kuper dan bisa bersaing dengan kandidat lainnya, kamu harus tahu cara membuat surat lamaran kerja lewat email dengan benar.

Simak langkah-langkah berikut!

Pakai Alamat Email dengan Namamu agar Terkesan Profesional

 Sebelum menulis email, pastikan kamu telah memiliki email dengan nama profesional. Pasalnya, nama profesional akan memperlihatkan keseriusan kamu melamar pekerjaan.

Misalnya, dengan tidak menggunakan kata alay seperti adindaimutdanlucu@gmail.com. Sebisa mungkin gunakan nama lengkapmu saja. Kamu juga boleh menambahkan angka untuk membedakan dengan pengguna lain, jika memang terpaksa.

Tulis Penerima dan Subjek Email dengan Jelas

Selanjutnya, masukkan alamat email recruiter dengan tepat. Jika dibutuhkan, masukkan juga alamat email penerima lainnya seperti pemimpin perusahaan. Ini digunakan untuk meneruskan maksud melamar kerja ke posisi di atasnya.

Setelah itu, tulis subject email dengan jelas. Misalnya, “Surat Lamaran Kerja – Front-end Engineer” atau dalam Bahasa Inggris “Front-end Engineer Application Letter”. Kamu juga bisa memasukkan subject sesuai perintah recruiter agar dapat mudah dibaca.

Gunakan Format Surat Lamaran Kerja yang Benar

Sebenarnya, format surat lamaran kerja melalui email tak jauh beda dengan format pada umumnya. Hanya saja, bagian tempat dan tanggal pengiriman surat ditiadakan. Kemudian, identitas penerima akan masuk pada bagian to: atau section di pembuka email.

Surat lamaran kerja lewat email pada umumnya berisi:

  1. Salam pembuka
  2. Paragraf pembuka (maksud untuk melamar)
  3. Identitas pengirim (nama, alamat, no. handphone, email, pendidikan)
  4. Paragraf tengah (jelaskan pengalaman dan skill)
  5. Penutup (harapan untuk lolos ke tahap selanjutnya dan salam penutup)

Untuk menutup email, kamu bisa menggunakan penutup pada umumnya. Namun, kamu juga bisa menggunakan kreativitasmu dengan mengatur signature khas di pengaturan email.

Perhatikan Jenis File dan Ukuran Attachment

Berkas digital identik dengan keterbacaan. Maka dari itu, kamu harus mengirimkan berkas yang dapat dibaca dengan mudah oleh recruiter. Biasanya, jenis file yang sering digunakan adalah dokumen Word dan PDF.

Surat lamaran kerja lewat email dengan jenis file PDF memberi kesan “pekerjaan selesai” karena posisi file tidak bisa diubah lagi. Sementara untuk Word, file masih bisa diotak-atik oleh penerima. Keduanya boleh dipakai, asal jangan berbentuk zip/rar yang perlu compress terhadap file.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate

Berikut contoh body email lamaran kerja bagi kamu para fresh graduate yang membutuhkan inspirasi. Ini agar kamu lebih mengerti untuk mengaplikasikan langkah-langkah di atas.

Kamu juga bisa memakai penulisan di contoh-contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate versi konvensional. Kemudian, kamu tinggal memodifikasi dan menyesuaikan dengan format untuk email.

To : recruitment.hrd@kompasgramedia.co.id Cc: (masukkan alamat email penerima lainnya di sini) Subject : Surat Lamaran Kerja Web Designer

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan pengumuman lowongan kerja di Jobstreet bahwa PT. Kompas Gramedia sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Adi Hariyadi Alamat : Jl. Pattimura, No. 34, Nginden, Surabaya, Jawa Timur No. Handphone: 085765432190 Pendidikan : S1 Desain Grafis Universitas Airlangga

Tertarik untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Saya memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang web developer, web desainer, dan web programming. Selama satu tahun saya magang dan berpengalaman memegang pemeliharaan dan back-up website milik startup Lazada.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan beberapa berkas sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa diunduh, seperti:

  1. Daftar riwayat hidup (CV)
  2. Scan Ijazah
  3. Scan Transkrip Nilai
  4. Scan Sertifikat Kompetensi
  5. Pas Foto

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

To : recruitment.hrd@kompasgramedia.co.id Cc: (masukkan alamat email penerima lainnya di sini) Subject : Web Designer Job Application Letter

 

Dear Mr. HRD,

In accordance with the announcement of job vacancies on Jobstreet that PT. Kompas Gramedia is currently looking for work as a Web Designer, so I, the undersigned:

Name : Adi Hariyadi Address : Jl. Pattimura, No. 34, Nginden, Surabaya, East Java No. Mobile: 085765432190 Education : S1 Graphic Design Universitas Airlangga

Interested in filling available job vacancies. I have qualified skills in the field of web developer, web designer, and web programming. For one year I was an intern and experienced in maintaining and backing up website of Lazada.

Along with this letter, I also attach several files for your consideration in the form of attachments that can be downloaded, such as:

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Scan of diplomas
  3. Scan the Transcript
  4. Scan Certificate of Competence
  5. Passport

I really hope to attend the interview to explain more deeply about my personal data. Thank you for your attention.

 

Yours faithfully,

(name & signature)

Itu tadi beberap contoh surat lamarannya, untuk contoh CV lamaran kerja, kamu bisa coba baca-baca di artikel kami lainnya: 9 Contoh CV Lamaran Kerja ke Perusahaan Startup dan Tips Membuatnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter