1. Entrepreneur

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Fitur jualan online yang sangat populer di Facebook

Facebook Marketplace adalah fitur di aplikasi Facebook khusus untuk mencari dan menjajakan barang jualan. Cara jualan di Facebook Marketplace dapat Anda coba sebagai solusi untuk Anda yang ingin menjual barang secara online.

Untuk memudahkan Anda yang baru menggunakan Facebook Marketplace untuk pertama kali, artikel ini akan memberikan panduan 5 langkah mudah mulai berjualan di Facebook Marketplace. Simak sampai selesai, ya!

Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Berjualan di Facebook Marketplace sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali berjualan online dan tidak ingin repot membuat toko online Anda sendiri. Berikut ini langkah-langkah untuk berjualan online di Facebook Marketplace:

Login ke Akun Facebook

Langkah pertama dalam berjualan di Facebook Marketplace adalah login ke akun Facebook Anda. Anda dapat login akun Facebook via aplikasi di smartphone maupun di browser PC.

Tambahkan Barang yang Ingin Dijual

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, selanjutnya mulai tambahkan barang yang ingin dijual ke Facebook Marketplace. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya:

  • Pada halaman Beranda Facebook, klik ikon Marketplace seperti pada gambar di bawah ini.

  • Kemudian, di halaman Facebook Marketplace, klik tombol Sell untuk mulai menjual barang.

  • Selanjutnya Anda akan disuguhkan beberapa pilihan listing, yakni items, vehicles, dan home for sale or rent. Pilih items untuk menambahkan produk berupa barang.

  • Setelah itu, isi semua informasi terkait produk di halaman penambahan listing. Anda harus mengunggah foto, memasukkan judul listing/nama produk, harga, kategori barang, kondisi, dan informasi lainnya di kolom deskripsi.

  • Berikutnya, Anda juga bisa mengaktifkan beberapa opsi listing yang tersedia, seperti opsi sembunyikan dari teman, opsi boostlisting menggunakan ads, dan opsi membagikan listing ke grup-grup yang Anda miliki.

  • Apabila semua sudah dilengkapi, klik Publish.

Berkomunikasi dengan Pelanggan 

Selanjutnya, setelah Anda menambahkan listing ke Facebook Marketplace, Anda akan menerima pesan dari pelanggan yang tertarik dengan produk Anda melalui Messenger. Lakukan komunikasi dengan pelanggan secara responsif hingga mencapai kesepakatan.

Kirimkan Barang

Apabila pelanggan tertarik untuk membeli barang Anda dan telah mencapai kesepakatan terkait sistem pembayaran. Berikutnya, jangan lupa untuk mengirimkan barang pesanan ke pelanggan tepat waktu.

Tandai Barang Sudah Terjual

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan ketika produk Anda telah habis terjual adalah menandai barang tersebut sudah terjual. Hal ini untuk menghindari pertanyaan dari pelanggan terkait barang yang sudah habis tersebut.

Itu dia 5 langkah cara jualan di Facebook Marketplace untuk pemula. Anda dapat berjualan di Facebook Marketplace melalui aplikasi Facebook di smartphone maupun di browser. Selamat mencoba!

Header by Pexels.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again