Cara Verifikasi Google Bisnisku Agar Profil Bisnis Dapat Dilihat Pengguna Internet

Buat profil bisnis Anda dapat dilihat oleh pengguna di Google dengan cara verifikasi Google Bisnisku.

Google Bisnisku adalah salah satu fitur dari Google untuk membantu pemilik bisnis seperti Anda memasarkan bisnis secara organik melalui laman pencarian Google. Namun, setelah mendaftar Google Bisnisku, profil bisnis Anda tidak dapat langsung dilihat oleh pengguna internet selain dengan cara verifikasi profil bisnis di Google Bisnisku terlebih dahulu.

Membuat profil bisnis di Google Bisnisku bisa menjadi strategi pemasaran digital yang efektif untuk bisnis skala kecil dan menengah. Mengapa? Karena dengan menampilkan profil bisnis di Google, pelanggan maupun calon pelanggan dapat menjangkaunya dengan mudah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal untuk iklan berbayar karena cara ini gratis.

Cara Membuka Profil Bisnis Google Bisnisku

Sebelum masuk ke cara verifikasi Google Bisnisku, Anda perlu membuka profil bisnis Anda terlebih dahulu. Profil bisnis ini dapat Anda buka dengan dua cara. Pertama, membuka profil bisnis melalui dashboard Google Bisnisku. Kedua, membuka profil bisnis melalui kolom pencarian Google.

Untuk cara pertama, Anda bisa langsung mengakses dashboard Google Bisnisku di sini lalu pilih menu Bisnis pada daftar menu di sebelah kiri halaman. Setelah itu, Anda akan langsung tiba di halaman yang berisi daftar profil bisnis yang Anda kelola.

Sedangkan untuk cara kedua, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka mesin pencarian Google.
  • Lalu, ketik “My Business” atau “Bisnis Saya” dan klik Enter.

  • Kemudian, Anda akan melihat daftar profil bisnis yang Anda kelola dengan akun Google yang sama.
  • Kemudian, klik Lihat Profil pada profil bisnis yang ingin Anda buka.

Cara Verifikasi Profil Bisnis di Google Bisnisku

Setelah memahami cara membuka profil bisnis yang akan diverifikasi, selanjutnya simak langkah-langkah verfikasi Google Bisnisku berikut ini:

  • Masuk ke Profil Bisnis yang akan di verifikasi dengan salah satu cara di atas.
  • Kemudian, klik tombol Verifikasi.
  • Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman verifikasi dimana di tampilan awal Anda akan diminta untuk mengisi alamat untuk verifikasi.

  • Lalu, klik Berikutnya.
  • Selanjutnya, pilih metode verifikasi yang Anda inginkan. Klik SMS jika ingin verifikasi dilakukan melalui pesan dan klik Telepon jika ingin verifikasi dilakukan dengan panggilan suara.

  • Berikutnya, masukkan 6 digit kode verifikasi yang Anda dapatkan melalui metode verifikasi yang sebelumnya Anda pilih.

  • Lalu, klik Verifikasi.
  • Selesai. Proses verifikasi oleh tim Google akan dimulai. Anda dapat melanjutkan proses mengatur profil bisnis Anda sambil menunggu proses verifikasi selesai.

Itu dia cara verifikasi profil bisnis di Google Bisnisku. Mudah, bukan? Setelah profil bisnis berhasil diverifikasi, maka Anda bisa mulai menerapkan strategi pemasaran secara organik dengan Google. Simak juga tips-tips penerapan digital marketing untuk UMKM agar Anda dapat menerapkannya secara maksimal. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again