11 Cara Video FYP di TikTok agar Viral 2022

Langkah agar video dapat masuk FYP Tiktok adalah kamu perlu untuk memanipulasi algoritma TikTok. Berikut cara-caranya.

TikTok merupakan salah satu media sosial berbasis hiburan yang paling populer saat ini. Hingga sekarang, demam TikTok masih terus terasa. Dilihat-lihat, ramainya TikTok ini belum nampak akan surut apalagi dengan banyak konten kreator dengan postingan yang begitu menarik dan menghibur. Cara agar video TikTok seseorang muncul di FYP itu tergolong mudah.

Hal tersebut membuat banyak pengguna TikTok yang viral dan menjadi terkenal dalam waktu yang singkat. TikTok memiliki algoritma yang memungkinkan hampir semua orang untuk menjadi kreator walaupun mereka memiliki jumlah pengikut akun yang sedikit. Mengapa demikian? Apa sebenarnya pengertian dari FYP dan bagaimana seseorang dapat viral melalui FYP?

Bagaimanakah cara agar video TikTok masuk ada FYP? Yuk, simak  pembahasan mengenai pengertian FYP, algoritma dari FYP, dan cara agar video TikTok kamu dapat masuk ke FYP sehingga viral dapat menanti kamu.

Pengertian FYP TikTok

Cara agar video masuk FYP TikTok 2022 | Unsplash

FYP merupakan singkatan dari frasa For Your Page, salah satu fitur yang dimiliki oleh TikTok. Fitur FYP adalah tab menu yang akan muncul pertama kali ketika pengguna membuka aplikasi TikTok. Melalui FYP, pengguna TikTok akan direkomendasikan berbagai konten video berdasarkan popularitas serta algoritma tertentu. 

Halaman FYP ini berbeda dengan laman Following. Di mana, laman FYP dapat memunculkan video siapa saja yang kontennya sedang populer dan mungkin akan sesuai dengan interest pengguna. Sementara itu, halaman Following akan menunjukkan konten dari pengguna yang telah kamu ikuti atau follow akunnya.

TikTok memungkinkan siapapun untuk dapat mendapat engagement dan impression yang besar tanpa melihat besarnya followers akun yang pengguna miliki. Untuk itu, banyak dari pengguna ingin mencoba viral melalui platform ini. Bagaimana sebenarnya hal ini dapat terjadi? Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai algoritma yang ada pada FYP TikTok.

Algoritma FYP dan Viral di TikTok

Cara agar video TikTok dapat masuk ke FYP sebenarnya cukup mudah. Hanya saja, pengguna perlu untuk memanipulasi algoritma yang dimiliki TikTok hingga video mereka dapat menembus FYP pengguna lain. Algoritma –prosedur sistematis– apa sebenarnya yang membuat video kamu masuk FYP orang lain? Dilansir dari Later, berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat membuat suatu video dapat masuk pada FYP pengguna TikTok.

Aktivitas dari Pengguna

TikTok merekomendasikan video melalui FYP dengan mengolah data mengenai interaksi yang sudah pengguna lakukan. TikTok dapat mendapatkan data algoritma melalui konten yang kamu suka, komentari, bagikan, dan lihat berulang kali.

Informasi Video

TikTok juga akan menawarkan postingan berdasarkan informasi yang ada pada suatu video dan mencocokkan dengan ketertarikan atau interest yang dimiliki oleh pengguna. TikTok akan mencocokkan informasi ini berdasarkan keywords yang ada pada caption video,  audio yang digunakan, hashtags, efek atau filter yang dipakai dan lain sebagainya. 

Pengaturan Lokasi dan Bahasa

Algoritma TikTok juga akan menyesuaikan dengan informasi dari pengaturan device yang dimiliki oleh penggunanya. Dengan begitu, TikTok dapat merekomendasikan berbagai video berdasarkan lokasi postingan, pengaturan bahasa, dan tipe perangkat mobile yang digunakan oleh pengguna.

Audio Video yang Digunakan

Ketika video TikTok kamu menggunakan suatu musik yang sedang viral, algoritma dari TikTok akan menyesuaikan videomu untuk sampai ke audience yang tepat. TikTok akan mencoba untuk merekomendasikan video kamu pada pengguna yang telah berinteraksi dengan tren musik yang kamu masukkan dalam videomu. Untuk itu, bagus sekali apabila konten yang kamu gunakan menggunakan audio yang sedang ramai diperbincangkan banyak orang.

Feedback dari Pengguna

Pernahkah kamu mendapat survei singkat yang mana kamu ditanyai apakah kamu tertarik dengan video yang TikTok rekomendasikan di FYP? Survei tersebut akan diolah oleh TikTok agar konten FYP kamu lebih sesuai dengan interest milikmu. Aksi yang mungkin sekiranya memengaruhi algoritma TikTok yakini:

  1. Kamu pernah menandai suatu video sebagai “Not Interested”
  2. Ada pengguna yang pernah kamu hide profilnya
  3. Terdapat video yang kamu skip

Cara Video FYP agar Viral 2022

Langkah agar video dapat masuk FYP Tiktok adalah kamu perlu untuk memanipulasi algoritma TikTok. Berikut adalah cara untuk membuat video TikTok kamu muncul di FYP banyak pengguna TikTok lain

Ilustrasi cara video masuk FYP TikTok | Pexels

Buat Konten Berkualitas

Agar kamu dapat memperoleh engagement yang ramai, tentunya kamu perlu membuat konten yang menarik. Ketika mendapatkan suatu konten yang bagus, seseorang akan terdorong untuk meninggalkan like dan comments serta membuat target audience banyak yang membagikan video kita. Tingkat engagement akan membuat peluang suatu video untuk muncul di FYP lebih banyak pengguna semakin besar.

Pastikan bahwa video kamu mampu menarik perhatian pengguna kurang lebih pada 3 detik pertama sehingga pengguna menonton konten kamu hingga akhir. Selain itu, kamu juga dapat dengan konsisten melakukan posting pada topik yang sama. Pada misalnya kamu berfokus pada konten kecantikan atau mungkin kamu posting seputar topik anak senja. Hal tersebut akan membuat TikTok mengetahui keahlian kamu dan merekomendasikan video kamu pada audience yang tepat.

Selain itu, dengan berfokus pada niche –target audience yang khusus– kamu dapat lebih dikenal orang dan jadi memiliki ciri khas sendiri. Pada misalnya, kamu adalah seseorang yang sering membuat konten tentang zodiak, kamu akan dikenal dengan ciri penggiat zodiak bagi pengguna TikTok lain. Ciri khas ini mungkin akan menambah kesempatan kamu untuk menjadi terkenal sampai dengan jangka yang lama.

Ikuti Challenge yang sedang Tren atau Viral

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk masuk FYP TikTok adalah dengan mengikuti tren maupun challenge yang hampir setiap hari tersedia. Dengan mengikuti tren ini, TikTok akan merekomendasikan video kamu kepada pengguna yang telah melakukan engagement pada tren tersebut. Hal ini tentunya akan berbuah pada traffic dan peluang bahwa video kamu dapat masuk FYP TikTok banyak pengguna.

Kolaborasi dengan Konten Kreator Lain

Kamu dapat mencoba untuk melakukan kolaborasi dengan kreator lain untuk berpotensi meningkatkan peluang video kamu masuk ke FYP TikTok. Kolaborasi dapat membuat audience dari kreator yang kamu ajak membuat video bersama jadi mengenal kamu. Begitupun sebaliknya. Audience-mu akan mengenal partner collab kamu. Dengan begitu, video kolaborasi akan ampuh meningkat eksposur serta engagement, terlebih jika kontennya menarik.

Berikan Caption Menarik dan Mewakili Isi Konten

TikTok memiliki algoritma di mana mereka memproses FYP TikTok berdasarkan interest yang dimiliki oleh pengguna. Dengan memasukkan caption yang mencerminkan isi video, TikTok akan mencocokkan video kamu pada pengguna dengan interest yang sesuai. Usahakan juga untuk memberikan konteks dari video kamu, jangan membuat penonton kontenmu terbingung-bingung.

Cara agar video masuk FYP TikTok Paling Mudah 2022 | Unsplash

Gunakan Lagu atau Backsound Viral

Menggunakan audio yang sedang viral merupakan salah satu cara yang cukup ampuh membuat video kamu muncul pada FYP TikTok. Usahakan untuk membuat konten yang sesuai dengan musik yang dipakai. Hal ini terjadi karena TikTok akan merekomendasikan video kamu kepada pengguna yang telah berinteraksi dengan tren lagu yang kamu pakai. Jika kamu membuat konten yang melenceng dari musik, maka peluang agar video kamu ditonton sampai akhir itu akan jadi kecil.

Berikan hashtag pada Postinganmu

Hashtag merupakan salah satu alat powerful yang mampu membuat postingan kamu di media sosial mendapat lebih banyak eksposur. TikTok akan memproses informasi (termasuk itu hashtag) dan menargetkan postingan kamu kepada target penonton yang sesuai. Untuk itu, hashtag merupakan hal yang sangat penting agar video kamu dapat direkomendasikan pada pengguna yang kira-kira akan menyukai kontenmu.

Selain itu, hashtag dapat membantu pengguna untuk mempermudah pencarian suatu topik. Pada misalnya seorang pengguna sedang mencari konten mengenai fanart series kesukaannya dan kamu merupakan salah satu konten kreator TikTok yang memposting fanartist series tersebut. Pengguna tersebut dapat menemukan hasil gambarmu dan tentunya menambah traffic akun kamu. 

Buat Video dengan Durasi yang Pendek

Kebanyakan pengguna dari TikTok cenderung menyukai video dengan durasi yang pendek, dengan begitu mereka tidak perlu menunggu lama untuk melakukan swipe video. Gunakan prinsip singkat, padat, dan jelas pada konten kamu sehingga audience tidak bosan dan tidak melakukan swipe sebelum kontenmu selesai. Swipe video dapat membuat engagement dari video berkurang sehingga hindari durasi video yang terlalu panjang. 

Cara agar video masuk FYP TikTok Termudah 2022 | Unsplash

Upload Video pada saat Prime Time

Langkah lain untuk membuat video kamu masuk FYP adalah dengan melakukan upload ketika prime time. Prime time dapat dimaksud sebagai jam-jam ramai di mana banyak seseorang dan keluarganya menonton TV maupun melakukan akses pada ponsel mereka. Waktu yang dimaksudkan ini tentunya tidak akan memasukkan jam kerja maupun jam sekolah pada umumnya.

Dengan upload pada prime time, diharapkan video kamu dapat dilihat banyak orang sehingga hal ini mampu meningkatkan engagement dari video kamu. Waktu posting yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah jam 12 sampai 1 siang (waktu makan siang), jam 4 sampai 5 sore (waktu pulang kerja), dan jam 7 sampai 11 malam (waktu santai keluarga.

Berinteraksi dengan Pengguna TikTok lain

Salah satu hal yang yang menentukan algoritma dari FYP TikTok adalah aktivitas atau interaksi yang dilakukan oleh pengguna. Dengan melakukan interaksi dengan pengguna lain, tidak jarang ada beberapa pengguna yang ingin saling follow dengan kamu. Dengan interaksi tersebut, kamu dapat menambah relasi sehingga nanti konten kamu dapat diketahui lebih banyak orang dan mampu muncul pada FYP TikTok. Apalagi jika pengguna tersebut merupakan konten kreator dengan bidang yang sama dengan kamu.

Lakukan Eksperimen dengan Fitur Baru TikTok

Dengan mencoba fitur baru dari TikTok, kamu berkesempatan untuk mendapatkan engagement lebih tinggi. Apalagi TikTok memberi highlight akan fitur maupun filter yang kamu pakai dalam video. Ketika melakukan eksperimen pada fitur baru TikTok, mungkin belum banyak yang mengetahui fitur tersebut. Dengan begitu, mereka banyak yang menunjukkan ketertarikan ingin mencobanya juga melalui komentar postingan.

Jangan Hapus Konten Lama TikTokmu

Video yang di-posting pada TikTok dapat menjadi viral kapanpun baik itu sudah di-upload sejak lama maupun baru saja diunggah. Untuk itu, akan ada banyak kesempatan salah satu video kamu nangkring pada laman FYP TikTok, nih. Pada suatu waktu mungkin saja ada satu video kamu yang viral dan banyak yang menyukai konten kamu. Mereka yang ingin konten serupa akan melihat akun kamu sehingga konsistensi upload akan sangat penting apabila kamu ingin ingin menggiati platform ini.

Nah, tadi adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat video kamu masuk ke FYP TikTok. Apakah kamu memiliki ketertarikan untuk menjadi konten kreator di TikTok? Semoga artikel ini dapat membantu proses menuju kesuksesan kamu ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again