1. DScovery

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Surat lamaran kerja salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh jobseeker

Sebagaimana yang diketahui, salah satu dokumen yang harus ada dalam mengajukan lamaran kerja adalah surat lamaran kerja. Terlebih lagi bagi jobseeker yang baru saja lulus dari pendidikannya. Menampilkan kesan yang profesional dibutuhkan meskipun kamu baru di lapangan.

Surat lamaran kerja atau yang juga dikenal sebagai cover letter bagi fresh graduate harus mampu meyakinkan pihak rekruter agar mau melirik profilnya.

Surat lamaran kerja berisi deskripsi singkat yang berisi profil pribadi sebagai pelamar. Aplikasi kamu harus mencakup beberapa poin tentang keterampilan dan pengalaman kamu yang relevan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.

Contoh surat lamaran untuk lulusan baru melengkapi informasi yang sudah disediakan di resume kamu (CV), bukan sebaliknya. Dokumentasi yang terdiri dari kalimat pendek dan efektif.

Tips mengenai Surat Lamaran Kerja

Jadikan Sebagai Dokumen Pelengkap CV

Isi konten dalam surat lamaran kerja meliputi latar belakang, pendidikan, keahlian, pengalaman, dan sebagainya. Namun dalam surat lamaran kerja, penjelasan yang disampaikan tidak terlalu panjang. Sebab lampiran itu juga kamu muat dalam CV, jadi surat lamaran kerja hanya berfungsi sebagai dokumen pendukungnya saja.

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan para jobseeker terutama fresh graduate adalam mereka justru mengulang isi CV dalam surat lamaran kerja.

Tonjolkan Sisi Kreativitas

Kamu harus dapat membuat surat lamaran kerja yang bisa menjelaskan kualitasmu, agar pihak rekruter menaruh perhatian lebih pada lamaran yang kamu ajukan. Sederhananya surat ini harus dibuat skreatif mungkin. Jangan meniru dan hanya mengubah sedikit apa yang dilampirkan di internet. Cukup jadikan itu referensi.

Kualifikasi Diri

Buatlah surat lamaran kerja secara ringkas perihal kualifikasi diri. Misal dengan menguraikan pencapaian yang diraih di kampus dan sebagainya. Jangan lupa kualifikasi tersebut harus sesai dengan posisi yang diinginkan. Untuk itu, sebelum melayangkan lamaran riset dulu posisi yang kamu ajukan tersebut.

Susun dengan Singkat, Padat, Efektif, namun Menarik

Gunakan kalimat singkat efektif dan menarik saat membuat surat lamaran kerja. Hal ini akan menjadi perhatian pertama bagi rekruter.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate

Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA

Surat Lamaran Kerja Lulusan Sarjana

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Akuntansi

Surat Lamaran Kerja Menonjolkan Skil

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Marketing

Itulah beberapa contoh yang bisa menjadi referensi bagimu dalam membuat surat lamaran kerja. Tetap percaya dirilah sekalipun kamu seorang fresh graduate. Jangan lupa persiapkan diri dengan menambah skill, karena skill itulah yang akan meningkatkan keteguhanmu, tetap semangat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again