1. DScovery

Contoh Surat Resign yang Harus Diperhatikan Sebelum Keluar dari Pekerjaan

Surat pengunduran diri yang ditulis dengan baik dan sopan menunjukkan bahwa kamu memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi

Bekerja pada suatu instansi atau perusahaan membutuhkan pekerjaan yang profesional. Tentunya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan untuk waktu yang lama.

Tidak jarang orang ingin berhenti karena bosan atau bermasalah dengan pekerjaannya. Dalam kasus seperti itu, diperlukan contoh surat pengunduran diri yang baik dan tepat.

Ini bisa menjadi masalah sensitif, jadi kamu harus mengajukan pengunduran diri dengan benar. Lantas seperti apa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar agar terkesan di tempat kerja?Di bawah ini adalah contoh surat resign yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian Surat Resign/Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri adalah surat yang diperlukan secara administratif untuk memberi tahu manajer-mu ataupun HRD bahwa kamu ingin berhenti dari pekerjaan atau mengundurkan diri dari posisi kamu saat ini.

Surat pengunduran diri ini adalah formulir formal jika kamu ingin berhenti dari pekerjaanmu. Setiap perusahaan memiliki aturannya sendiri mengenai pemberitahuan penghentian ini.

Pemberitahuan penghentian ini harus tetap tertulis dan dalam bentuk formal. Hanya memberikan pemberitahuan lisan dapat dianggap tidak profesional dan tidak sopan. Oleh karena itu, jika kamu ingin berhenti dari pekerjaanmu tersebut, penting untuk memberi tahu HRD dengan surat pengunduran diri yang ditulis dengan baik, sopan dan formal.

Alasan Penting Membuat Surat Resign

Menulis surat pengunduran diri juga penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan itu penting.

Profesionalisme tinggi

Surat pengunduran diri yang ditulis dengan baik dan sopan menunjukkan bahwa kamu memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi dan dapat membantu kamu menjaga citra positif di tempat kerja.

Dukungan untuk mencari karyawan pengganti untuk perusahaan

Tulis surat pengunduran diri dan serahkan kepada manajer atau SDM perusahaanmu dan mereka akan memberi tahu kamu secara langsung untuk segera mencari penggantinya.

Jika kamu pergi begitu saja, perusahaan akan kesulitan untuk menemukan pengganti di posisimu untuk mem-backup. Apalagi jika di bagianmu tidak boleh ada kekosongan karyawan.

Oleh karena itu, kamu mengajukan surat pengunduran diri ini untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan bahkan setelah kamu mengundurkan diri. Di masa depan, kamu mungkin memerlukan bantuan perusahaan lama dan sebaliknya, jadi kamu harus menjaga hubungan baik dengan tempat kerja.

Berikan informasi status karyawan yang jelas

Dengan surat pengunduran diri, perusahaan memperjelas struktur karyawan dan posisi karyawan pada perusahaan. Surat pengunduran diri menunjukkan bahwa kamu tidak lagi terlibat dalam apa pun yang telah ada dengan perusahaan sejak kamu menulis dan menyerahkannya surat tersebut.

One month notice Sebelum Meninggalkan Kantor

Permohonan pengunduran diri sudah diatur oleh pemerintah melalui peraturan Undang-Undang. Seperti tertuang dalam UU Pasal 26 ayat 2 Kepmen Tenaga Kerja terkait syarat mengundurkan diri dari tempat kerja yang bunyinya:

“Pekerja atau buruh mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dengan disertai alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri:

  • Pekerja atau buruh tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri
  • Pekerja atau buruh tidak terikat dalam ikatan dinas
  • Mengacu pada peraturan pemerintah, sebaiknya mengikuti aturan one month notice sebelum resign dari perusahaan lama.

Pemberitahuan one month notice ini dibutuhkan perusahaan untuk mencari dan mendapatkan karyawan baru.

Jenis-Jenis Surat Resign

Sudah dijelaskan di atas tadi tentang Undang-Undang yang membahas pengunduran karyawan dari sebuah perusahaan. Jenis surat pengunduran diri dari tempat kerja ini dibagi menjadi dua, yaitu:

1. One Month Notice

One month notice adalah pemberitahuan satu bulan sebelum kamu resmi keluar dari perusahaan.

Memberitahukan perihal resign kepada atasan satu bulan sebelumnya, berarti kamu memberikan atasan waktu untuk mencari pengganti posisimu. Maka dari itu, one month notice adalah waktu pengunduran diri yang menjadi standar di banyak perusahaan.

2. Two weeks notice

Selain one month notice, ada juga two weeks notice. Two weeks notice adalah pemberitahuan dua minggu sebelum kamu resmi resign dari perusahaan. Pemberitahuan ini terkesan mendadak dan bila kamu ingin benar-benar resign, kamu harus memiliki alasan yang logis ke perusahaan tempatmu bekerja. Bila tidak memiliki alasan yang jelas, besar kemungkinan permohonan pengunduran dirimu akan ditolak oleh atasanmu.

Format Surat Pengunduran Diri

Ketika kamu menulis surat pengunduran diri, penggunaan gaya bahasa yang resmi, sopan, dan formal adalah suatu keharusan. Surat resign sebaiknya tidak ditulis terlalu panjang, alasan, dan tujuan yang jelas.

Semua ini kamu lakukan supaya image yang kamu dapatkan tetap baik dan profesional walaupun kamu akan meninggalkan perusahaan tempat kamu kerja tersebut. Berikut ini format surat resign yang baik dan benar.

  • Nama kota dan tanggal
  • Nama perusahaan dan alamat perusahaan
  • Salam pembuka
  • Alasan mengapa kamu ingin resign
  • Mencantumkan tanggal kapan kamu akan resign
  • Mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih
  • Salam penutup dan tanda tangan

Contoh Surat Pengunduran Diri/Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Tempat Tinggal

Jakarta, 31 Juli 2022

Kepada

Yth. Pimpinan PT Gemilang Sejahtera

Di tempat

Berikut ini yang bertanda tangan adalah:

Nama : Nina Suryani

Alamat: Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jabatan: Staf marketing

Melalui surat ini saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin. Alasannya karena akan pindah dan tinggal menetap di luar kota. 

Saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja secara profesional bersama tim marketing. Saya juga minta maaf jika selama bekerja di sini banyak melakukan kesalahan. 

Demikian, surat resign ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya,

Nina Suryani

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pendidikan

Yogyakarta, 20 April 2022

Yth. Pimpinan PT Jaya Sentosa

Di Yogyakarta

Saya adalah Nurul Hidayati, salah satu karyawan di PT Jaya Sentosa. Jabatan di perusahaan ini adalah seabagi supervisor produksi. Melalui surat ini, saya ingin menginformasikan bahwa akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut. 

Alasan berhenti dari pekerjaan ini karena ingin melanjutkan studi S2 di Australia. Adapun tanggal 30 Mei 2022 merupakan hari terakhir saya bekerja di sini. 

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan selama 3 tahun ini menjabat sebagai supervisor produksi. Mohon maaf jika saya pernah menunjukkan performa kerja yang kurang maksimal.

Demikian, surat ini disampaikan tanpa ada paksaan dari siapa saja. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. 

Hormat saya,

Nurul Hidayati

Contoh Surat Resign karena Alasan Pribadi

More Coverage:

Semarang, 1 Juni 2022

Yth. HRD PT Surya Gempita 

Di tempat

Dengan hormat, 

Saya Sinta Apriliana, staf QC Di PT Surya Gempita ingin menyampaikan pengunduran diri dari posisi tersebut. Alasannya adalah karena akan menikah dan suami tidak mengizinkan untuk bekerja. 

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih selama ini telah diizinkan untuk bekerja sebagai QC. Mohon maaf apabila ada kesalahan yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak.

Demikian, surat pengunduran diri ini disampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya, 

Sinta Apriliana

Contoh Surat Resign karena Mendirikan Usaha Sendiri

Contoh Surat Resign dari Instansi Pendidikan

Contoh Surat Resign dari Social Media Manager

Kamu harus memperhatikan cara resign dengan baik. Beberapa contoh di atas dapat kamu jadikan sebagai referensi. Dengan adanya contoh surat resign yang baik dan benar tersebut mempermudah proses pembuatannya.  Ingat, ketika kamu datang ke perusahaan dengan cara yang baik, maka keluarlah dengan cara yang baik pula ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again