19 August 2015

by Oki Rosgani

Dalam 12 Jam, Xiaomi Berhasil Menjual 800 Ribu Unit Smartphone RedMi Note 2

Xiaomi baru saja menorehkan rekor baru saat merilis resmi penjualan smartphoneXiaomi RedMi Note 2 di Tiongkok pada tanggal 16 Agustus 2015 lalu.

Publikasi resmi teranyar menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 12 jam saja Xiaomi telah berhasil menjual sebanyak 800 ribu unit smartphone RedMi Note 2.

Hal serupa seperti ini bukanlah yang pertama kali dialami oleh Xiaomi, perusahaan smartphone yang dinahkodai oleh Lei Jun itu sebelumnya juga pernah berhasil melego 60 ribu unit smartphone RedMi 1 hanya dalam kurun waktu 13.9 detik saja.

Bahkan dalam gelaran acara yang sudah menjadi tradisi dand iadakan setiap tanggal 11 bulan 11, Single’s Day, tahun lalu, Xiaomi telah berhasil menjual 1,16 juta unit perangkat hanya dalam waktu 24 jam saja.

Produk smartphone Xiaomi tidak hanya jago kandang, namun ia juga menjadi smartphone yang diminati di sejumlah negara, salah satunya adalah di Indonesia. Saat penjualan smartphone RedMi 1S beberapa waktu lalu, kabarnya situs Lazada.co.id telah berhasil menjual 85 ribu unit smartphone tersebut dalam waktu singkat, bahkan situs toko online tersebut sempat tumbang karena adanya penawaran smartphone perdana yang ditawarkan Xiaomi untuk pasar Indonesia ini.

Lantas apa yang membuat smartphone RedMi Note 2 ini begitu diminati konsumen hingga smartphone ini begitu laris manis saat dirilis? Seperti yang pernah kami kabarkan sebelumnya, Xiaomi memang telah menyiapkan smartphone yang menjadi penerus seri RedMi Note ini dengan spesifikasi yang lebih gahar.

Info Menarik: Kangen dengan Start Menu Windows 7? Pakai Aplikasi Start10

Kendati Xiaomi RedMi Note 2 hadir dengan ukuran layar yang sama dari RedMi Note versi terdahulu yaitu layar 5,5 inci, namun versi teranyar ini hadir dengan layar beresolusi 1080 x 1920 pixel, ia juga diotaki dengan prosesor octa-core MediaTek Helio X10 yang memiliki chipset 2GHz quad-core Cortex-A53 dan chipset 2GHz quad-core Cortex-A53.

Didukung dengan RAM 2GB, handset ini juga akan hadir dalam dua varian kapasitas penyimpanan internal yang berbeda yakni 16GB dan 32GB, namun begitu pihak Xiaomi masih menyematkan slot microSD yang bisa dijejali dengan kartu memory hingga 32GB.

Smartphone ini juga ditenagai dengan baterai berkapasits 3060 mAh yang juga mendukung fitur quick charge dimana pengguna bisa mengisi ulang baterai secara cepat. Ia juga hadir dengan kamera belakang 13 megapiksel yang memiliki fitur phase detection autofocus (PDAF) serta kecepatan shutter hanya 0.1 detik dan memiliki lima elemen lensa yang memiliki bukaan hingga f/2.2. Selain itu terdapat juga kamera depan 5 megapiksel.

Salah satu hal menarik lainnya dari smartphone RedMi Note 2 ini adalah dengan dibenamkannya MIUI 7, ini merupakan antarmuka teranyar khas Xiaomi yang dibangun dengan platfrom Android 5.0 Lollipop yang hadir dengan sejumlah fitur dan kemampuan baru.

Penjualan flash sale kedua untuk pasar Tiongkok sendiri disebutkan akan dilakukan tanggal 24 Agustus 2015. Seperti yang dikutip dari Firstpos.com, RedMi Note 2 versi 16GB akan memiliki dua versi berbeda dual SIM 4G harga 899 yuan atau setara dengan $140 USD, sedangkan 4G - 3G akan ditawarkan dengan harga 799 yuan atau setara dengan $125. Sedangkan versi 32GB akan ditawarkan dengan harga 999 yuan atau setara dengan $156 per unitnya.

Selain menawarkan RedMi Note 2, Xiaomi juga telah menyiapkan varian lain bernama Xiaomi RedMi Note 2 Prime yang akan hadir dengan prosesor besutan Qualcomm yang ditujukan untuk pasar tertentu, salah satunya adalah pasar India. Sayangnya, belum ada kabar kapan smartphone ini akan menyambangi pasar Indonesia serta varian mana yang akan bisa dimiliki pengguna tanah air.

Sumber:  Gadgets NDTV, UberGizmo.