1. DScovery

8 Hobi yang Bermanfaat, Seru dan Menghasilkan

Seseorang biasanya melakukan suatu kegiatan atau sesuatu yang mereka sukai untuk mengisi waktu luang mereka. Ini yang sering disebut hobi.

Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan seseorang dengan minat dan antusiasme. Saat menekuni hobi, waktu seringkali tidak terasa begitu cepat berlalu karena aktivitas yang dilakukan begitu menyenangkan. Kali ini DailySocial.id akan membahas tentang berbagai hobi yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan diri. Berikut ulasannya ada pada artikel di bawah!

Bermain video game

Bermain video game sepertinya hanya membuang-buang waktu. Faktanya, ada banyak game strategi yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan analitis. Pengalaman bermain juga dapat menghasilkan adrenalin dan dopamin yang dapat meningkatkan materi abu-abu di otak merangsang keterampilan dan koordinasi serta kemampuan kerja lebih baik.

Memasak

Hobi memasak adalah salah satu hobi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Mengapa demikian? Sebab, menjadikan memasak sebagai hobi membuat kamu terbiasa menyiapkan makanan sehat dengan memperhatikan protein, lemak, dan karbohidrat dalam setiap makanan.

Kamu juga dapat menghindari minyak jenuh, lemak, dan adiktif yang berbahaya bagi tubuhmu. Beginilah cara diet yang bisa dipertahankan.

Meditasi

Hobi meditasi dapat membantu mengurangi risiko stres dan membantumu merasa lebih rileks. Meditasi bermanfaat buat fokus serta membantu menjaga sistem imun tubuh meningkat.

Berlatih meditasi juga dapat mengurangi risiko depresi, stres, dan kecemasan. Tentu saja, ini juga baik untuk semangat. Kamu dapat berlatih selama 5 menit pada awalnya, tetapi lama kelamaan akan semakin intens.

Belajar Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru seperti Jerman, Prancis, Cina, dan lainnya. Mengembangkan diri mu, terutama pada karir sehingga bisa dijadikan hobi. Hobi ini dapat mengasah otak dengan hafalan. Dan juga merupakan cara melatih daya ingat.

Membaca

Berbagai tokoh dunia mengawali kesuksesannya dengan membaca buku. Membaca buku memang terbukti memiliki banyak manfaat. Seperti CEO Tesla Elon Musk, investor legendaris Warren Buffett, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa membaca dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Meski banyak manfaatnya, tidak semua orang siap membaca buku secara rutin. Jika kamu menginginkan komitmen maka bisa memulainya secara perlahan.

Membaca berbagai buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Ini pasti akan memperluas wawasanmu.

Menulis

Cobalah menulis cerita, lagu, atau buku harian. Menulis adalah hobi yang sangat luar biasa, namun tidak banyak orang yang menekuninya. Mampu menuliskan pikiranmu tidak hanya membuat rileks tetapi juga produktif.

Menulis memungkinkanmu untuk mengabadikan kisah hidupmu. Misalnya seperti Anne Frank, gadis yang buku hariannya menjadi bagian penting dari sejarah dunia. Menulis memungkinkan kita untuk mengekspresikan pikiran dan dapat mengatur hidup. Misalnya, kamu ingin menetapkan tujuan, seperti tujuan hidup.

Menulis memungkinkan kita untuk mengekspresikan pikiran, membuatnya lebih mudah untuk dipahami. Dan siapapun bisa menulis. Kamu dapat menulis cerita fiksi seperti J.K. Rowling yang menulis Harry Potter. Atau bisa suka komedi dan menulis seperti Raditya Dika.

Jika kamu memiliki keterampilan khusus yang ingin Anda bagikan, seperti menulis tentang bisnis, investasi, atau real estate. Dan kamu tidak harus langsung mulai menulis buku. Kamu bisa memulai dari yang kecil.

Misalnya, menulis buku harian dan menuangkan ide ke dalamnya. Atau kamu dapat memulai blog seperti yang sedang kamu baca sekarang. Ada begitu banyak pilihan yang bisa diambil. Yang harus kamu lakukan adalah menulis kata dan menahannya sampai masuk akal.

Bermain Alat Musik

Hobi ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Nyatanya, memainkan alat musik membuat kamu lebih kritis, lebih tenang, dan lebih fokus.

Bahkan kamu bisa mendapatkan uang jika menekuni hobi ini. Kamu juga bisa memiliki pekerjaan sampingan seperti band cafe, pemain musik di acara pernikahan, dan sebagainya.

Bermain Puzzle

Game ini akan mengasah otakmu untuk mencari jalan keluar dari masalah yang ada. Saat kamu memecahkan teka-teki di dalam teka-teki, otakmu bekerja terus menerus, melatih pemikiran dan pemecahan masalah. Tentunya ini merupakan hobi yang bermanfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.

Tips Memilih Hobi yang Bermanfaat

Sekarang kamu sudah tahu hobi apa yang bermanfaat. Sudahkah kamu memutuskan hobi mana yang ingin kamu mulai? Jika tidak, beberapa tips ini dapat membantumu memilih hobi. 

Saat memilih hobi, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apa yang kamu sukai, apa yang diminati, dan apa yang ingin dikuasai. Kemudian pikirkan manfaat apa yang ingin didapatkan dari hobi ini. Apakah kamu ingin mengembangkan diri lebih jauh atau hanya ingin mengisi waktu luang? Dengan tips ini kamu dapat memilih hobi yang tepat.

Demikianlah pembahasan tentang hobi yang bermanfaat. Kami harap kamu menikmatinya setelah membaca artikel ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again