EntrepreneurDigital Marketing

Kenali Model AIDA untuk Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Bahas tuntas mengenai model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) agar brand Anda semakin menarik

AIDA merupakan konsep dalam dunia marketingyang menjelaskan mengenai tahapan yang dialami seseorang sebelum melakukan pembelian. AIDA merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire, dan Action.

Di tengah persaingan pasar yang ketat, tentunya tak mudah untuk menggaet pembeli, atau hanya sekedar menarik perhatiannya. Banyak hal yang menjadi pertimbangan calon pembeli sebelum melakukan pembelian. Nah, model AIDA ini akan memberi gambaran mengenai hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menarik minat pembeli.

Dengan memahami model AIDA, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi marketing karena Anda mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menarik pembeli. Artikel kali ini akan membahas secara lengkap setiap elemen AIDA dan cara konkrit untuk menerapkannya. Pastikan Anda menyimak hingga akhir artikel, ya!

Attention (Perhatian)

Elemen pertama dalam model AIDA adalah Attention, yang dalam Bahasa Indonesia berarti perhatian. Attention merupakan tahap pertama yang dialami seseorang sebelum melakukan pembelian, di mana ia menyadari keberadaan suatu produk atau jasa dan mulai tumbuh daya tarik terhadap hal tersebut.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menumbuhkan brand awareness, atau kesadaran seseorang terhadap merek Anda. Tentunya, terdapat berbagai macam cara baik secara digital ataupun konvensional. Secara digital, cobalah untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui kehadiran merek Anda. Anda juga bisa menggunakan iklan di berbagai kanal untuk menyasar calon pembeliyang lebih luas. Secara konvensional, bila Anda memiliki toko maka Anda bisa menggunakan spanduk atau banner yang menarik perhatian. Pada intinya, lakukan hal yang dapat membuat orang-orang tertarik dengan bisnis Anda.

Interest (Minat)

Elemen kedua dalam model AIDA adalah Interest, yang dalam Bahasa Indonesia berarti minat. Setelah seseorang menyadari keberadaan produk dan muncul daya tarik, hal selanjutnya adalah Anda perlu menumbuhkan minat calon pembeli terhadap produk atau layanan Anda. Sehingga, bukan hanya untuk menarik perhatian, tetapi Anda harus bisa membuat mereka tertarik lebih jauh lagi.

Pada tahap ini, yang bisa Anda upayakan adalah dengan memberikan informasi mengenai produk atau layanan Anda secara lengkap, menonjolkan keunikan atau nilai lebih dari bisnis Anda, dan menumbuhkan rasa penasaran calon pembeli untuk mengetahui lebih lanjut. Ingatlah bahwa kecukupan informasi akan membuat calon pembeli semakin tertarik. Anda juga harus bisa menonjolkan kelebihan yang Anda tawarkan dibanding dengan kompetitor.

Desire (Keinginan)

Elemen ketiga dalam model AIDA adalah Desire, yang dalam Bahasa Indonesia berarti keinginan. Setelah calon pembeli memiliki minat terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat mereka merasa ingin untuk membeli.

Bagaimana caranya? Terus tonjolkan kelebihan produk atau layanan Anda, jelaskan berbagai manfaat yang akan didapat dengan membelinya, gunakan copywriting yang menarik, bangun kedekatan dengan calon pembeli, dan yakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda. Pada tahap ini, ubah persepsi mereka dari sekadar ‘menyukai’ menjadi ‘ingin membeli’.

Action (Aksi)

Elemen terakhir dalam model AIDA adalah Action, yang dalam Bahasa Indonesia berarti aksi. Aksi, dalam hal ini berarti seseorang mengambil aksi untuk melakukan langkah selanjutnya. Umumnya aksi adalah pembelian, namun juga bisa saja aksi dilakukan dengan melakukan pendaftaran, mengunduh, dan lain-lain.

Pada tahap ini, Anda sebaiknya mempermudah akses calon pembeli terhadap produk atau layanan Anda. Misalnya, Anda memperluas pasar dengan menggunakan berbagai marketplace, memperbanyak cabang toko, atau menyediakan layanan pesan antar. Anda juga bisa memberikan berbagai promosi yang berguna untuk meningkatkan keinginan membeli, seperti memberikan diskon, beli dua gratis satu, hingga penggunaan copywriting dan Call-to-Action (CTA) untuk segera membeli,

Nah, itu tadi merupakan penjelasan mengenai model AIDA yang berguna untuk menarik pelanggan. Dengan memahami dan mengaplikasikan model yang telah ada selama lebih dari 100 tahun ini, semoga dapat membuat bisnis Anda emakin laris. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again