1. DScovery

Me Time: Pengertian, Manfaat dan Contoh Kegiatannya

Me time merupakan kegiatan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Ketika kamu tengah disibukkan dengan berbagai pekerjaan, tugas, maupun aktivitas-aktivitas lain yang sangat padat, maka salah satu cara menghindari stres akibat hal-hal tersebut adalah dengan me time.

Istilah me time sering dikenal sebagai kegiatan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Meski kita merupakan makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain, ada kalanya kita memerlukan waktu untuk diri sendiri.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan me time dan apa saja manfaat serta contoh kegiatannya? Simak jawabannya dalam artikel ini.

Apa Itu Me Time?

Dalam ilmu psikologi, me time merupakan sebuah kegiatan menghabiskan waktu singkat untuk diri sendiri. Me time dilakukan untuk mengistirahatkan diri setelah sibuk beraktivitas.

Kegiatan ini sangat penting untuk menghilangkan kejenuhan dan melepas penat. Cara melakukan me time pun cukup mudah, misalnya dengan berdiam diri di rumah, berlibur ke luar kota, belanja, dan lain sebagainya.

Manfaat Me Time

Meluangkan waktu diri sendiri untuk me time bukan berarti kesepian atau tidak punya teman. Meski sering dianggap remeh, namun me time memiliki dampak positif bagi kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa manfaat kegiatan me time.

1. Menyegarkan Pikiran

Manfaat me time yang paling utama adalah untuk menyegarkan pikiran. Kesibukan karena pekerjaan, tugas sekolah, dan berbagai aktivitas lainnya bisa memicu stres. Apabila stres ini tidak segera ditangani, maka hal ini akan terus menumpuk hingga terjadi burn out.

Burn out dapat menyebabkan seseorang lebih banyak diam dan kehilangan semangat serta produktivitasnya. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya burn out, setiap orang perlu melakukan me time untuk menyegarkan pikiran agar bisa beraktivitas kembali.

2. Meningkatkan Produktivitas

Stres akibat aktivitas sehari-hari yang cukup padat dapat mengganggu pikiran dan membuatmu kehilangan fokus. Pikiran yang terganggu tentunya akan sangat berpengaruh terhadap produktivitasmu.

Me time bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Dengan ketenangan yang kamu dapat dengan me time, kamu bisa menenangkan pikiran sejenak untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitasmu kembali.

3. Membantu Memahami Diri Sendiri

Terkadang, kita merasa bimbang saat hendak mengambil sebuah keputusan. Apabila hal ini terjadi, mungkin solusinya adalah dengan meminta saran dan pendapat dari orang lain.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki pendapat dari sudut pandang yang berbeda-beda, yang tentunya harus kamu sesuaikan lagi dengan dirimu sendiri. Oleh sebab itu, menyendiri sejenak dapat membantumu memahami dirimu sendiri sehingga memudahkanmu dalam mempertimbangkan berbagai keputusan yang akan kamu buat.

4. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain

Merasa jenuh akibat terlalu sering berinteraksi dengan orang lain adalah hal yang wajar dirasakan. Namun jika hal ini terus dibiarkan dapat menimbulkan konflik yang akan berpengaruh buruk terhadap hubungan dengan orang lain.

Maka dari itu, jika interaksi sosial mulai membuatmu merasa jenuh terhadap orang lain, maka satu-satunya solusi adalah dengan me time untuk menenangkan diri sendiri. Dengan itu, hubunganmu dengan orang lain dapat tetap terjaga.

Contoh Kegiatan Me Time

Me time memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh maupun pikiranmu. Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika me time.

1. Nonton Film Terbaru

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk me time, pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru bisa menjadi salah satu opsi untuk menenangkan diri. Meski bagi sebagian orang masih menganggap menonton film di bioskop seorang diri adalah hal yang aneh, tapi tidak ada salahnya untuk kamu mencoba kegiatan ini.

Menonton film dapat membantu tubuh menurunkan kadar kortisal yang dapat memicu stres. Namun jika kamu masih ragu untuk pergi ke bioskop seorang diri, kamu bisa menonton film sendiri di rumah dengan menggunakan layanan streaming film secara online.

2. Olahraga

Olahraga juga bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan me time yang dapat dilakukan di waktu luang. Dengan olahraga, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat baik untuk tubuh dan pikiranmu secara bersamaan. Jika kamu belum terbiasa berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda terlebih dahulu. kamu bisa menggunakan aplikasi olahraga lari yang ada di play store untuk membantu kamu lebih bugar.

3. Membaca Buku

Bagi sebagian orang, membaca buku mungkin dianggap sebagai hal yang membosankan. Padahal, membaca buku dapat menjadi kegiatan me time paling efektif yang dapat dilakukan di mana pun.

Membaca buku juga terbukti ampuh untuk meningkatkan tingkat konsentrasi yang berguna untuk meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja.

4. Mencoba Resep Masakan Baru

Bagi kamu yang gemar memasak, mencoba resep masakan baru bisa menjadi salah satu opsi kegiatan me time yang efektif. Terlebih lagi jika masakan yang kamu buat adalah menu favoritmu.

5. Journaling

Jika kamu gemar menulis, mungkin journaling bisa menjadi salah satu kegiatan me time yang perlu kamu coba. Kegiatan ini tidak hanya dapat membantumu untuk meningkatkan konsentrasi, tetapi juga dapat membantumu untuk mengatur kembali isi pikiranmu dan membuatnya lebih mudah untuk dipahami

Selain itu, journaling juga dapat membantumu untuk mengungkapkan berbagai macam perasaan yang mungkin sulit untuk kamu ungkapkan, yang dapat menyebabkan stres jika terus dibiarkan.

6. Jalan-Jalan

Kamu juga bisa mengisi kegiatan me time dengan jalan-jalan ke tempat baru. Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran, jalan-jalan juga dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuhmu. Bahkan jika kamu tidak memiliki banyak waktu, kamu bisa meluangkan waktu di sore hari untuk berjalan-jalan di sekitar rumahmu.

Nah, itulah penjelasan mengenai me time yang telah dirangkum oleh DailySocial. Dari beberapa contoh kegiatan me time di atas, manakah yang menjadi kegiatan favoritmu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again