1. DScovery

Apa Itu Mentor: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Ciri-ciri Mentor Berkualitas

Kamu pernah dibimbing oleh seorang mentor? Sebenarnya mentor itu apa, sih?

Memiliki seorang mentor merupakan hal yang istimewa. Bersama dengan mentor, kamu bisa mempelajari banyak hal, seperti mempelajari alurasi pekerjaan hingga belajar beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Selain mendapatkan bimbingan dan pelatihan secara intens, kamu juga bisa mendapatkan dukungan penuh dari mentor, supaya kamu terus termotivasi menjadi semakin berkembang. Lalu, apa saja sih tugas seorang mentor? Berikut artikel mengenai mentor.

Pengertian Mentor

Mentor merupakan seseorang yang memiliki suatu keahlian pada bidang tertentu lalu berkenan membagikan ilmu dan pengalamannya dalam berbagai bentuk, seperti mengadakan pelatihan, bimbingan, maupun sharing. Biasanya mentor membantu secara sukarela mengembangkan keterampilan, dan pengetahuan kepada orang lain.

Seorang mentor juga harus memberikan pendampingan secara intens selama mentoring berjalan. Jadi, jika nanti terdapat masalah atau kendala, mentor bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. Tentu saja, seorang mentor harus bisa diandalkan.

Manfaat Mentor

Pada pelaksanannya, terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan bagi kamu yang memiliki mentor. Selain bisa membantu membimbingmu sampai mahir terhadap satu keahlian tertentu, mentor juga bisa memberikan perspektif baru saat kamu ingin mengambil keputusan dalam lingkungan kerja nanti. Berikut manfaat memiliki seorang mentor.

  • Mengembangkan suatu bidang keahlian tertentu.
  • Menjadi pelatih, pembimbing sekaligus support system.
  • Membangun jejaring dengan profesional.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.

Jenis-jenis Mentor

Memiliki seorang mentor bisa membawa banyak dampak positif bagi pekerja, terutama jika belum berpengalaman. Terdapat beragam jenis mentor yang memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Berikut jenis-jenis mentor.

1. Peer Mentor

Jenis mentor pertama yang bisa kamu temui di perusahaan yaitu, peer mentors. Peer mentors merupakan rekan kerja satu perusahaan denganmu yang membantu dan mengajarkan banyak hal saat kamu baru pertama kali bekerja di perusahaan tersebut. Peer mentors biasanya sering berinteraksi  dengan pekerja dalam bentuk meeting, juga acara informal seperti makan siang bersama.

2. Career Mentors

Jenis mentor selanjutnya yaitu career mentors. Career mentors umumnya berperan sebagai pemandu karier dan membantu pekerja untuk memahami peran pekerja di perusahaan. Career mentors bertanggungjawab untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan bakat pekerja.

3. Life Mentors

Life mentors merupakan orang yang bisa memberimu masukan saat kamu sedang dihadapkan dengan keputusan yang rumit. Misalnya, saat kamu ingin resign dari pekerjaanmu saat ini, mengganti bidang pekerjaanmu, dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri Mentor Berkualitas

Kamu bisa memilih mentor yang baik dan berkualitas untuk mendukung pengembangan keahlian pada bidang tertentu. Berikut ciri-ciri mentor berkulaitas.

1. Memberikan Dukungan Penuh

Seorang mentor profesional sangat berperan penting terhadap keberlanjutan karier pekerja. Mentor tidak direkomendasikan menjatuhkan mental pekerja jika terjadi kesalahan. Melainkan, mentor memberikan nasihat dan solusi secara baik-baik, serta menjadikannya sebagai evaluasi bagi pekerja.

2. Menguasai Bidang Keahlian Tertentu

Selanjutnya, seorang mentor harus mampu dan menguasai bidang keahlian tertentu. Jadi, seorang mentor memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pekerja berdasarkan pengalaman yang dimilikinya.

3. Rendah Hati

Mentor yang berkualitas adalah mentor yang tidak angkuh dan sombong. Tentu saja mentor yang baik yaitu rendah hati. Tidak membuatmu merasa rendah sedikitpun dan membuat mentalmu menjadi jatuh.

Berikut artikel mengenai mentor, kamu bisa memilih mentor yang berkualitas untuk mendukung pengembangan keahlianmu. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again