1. DScovery

NGO Adalah: Definisi, Jenis, serta Perannya dalam Sistem Sosial

Karena NGO adalah perusahaan nirlaba, mereka cenderung lebih kolaboratif daripada komersial

Apakah kamu salah satu orang yang baru mendengar istilah NGO. Kalaupun tidak, apakah kamu  mengira bahwa LSM adalah organisasi nasional dan internasional dengan kepentingan sosial dan politik tertentu.

Dalam konteks ini, mari kita bahas lebih dalam tentang arti NGO yang sebenarnya, mulai dari hubungannya dengan pemerintah, perannya dalam kaitannya dengan lingkungan dan masyarakat, serta sumber pendanaannya.

Definisi NGO

Non-Governmental Organization  atau NGO adalah organisasi nirlaba yang memiliki kepentingan sosial dan lingkungan. Seperti namanya, yang juga dikenal dengan lembaga swadaya masyarakat ini beroperasi secara mandiri tanpa ada intervensi dari pemerintah pusat maupun daerah.

Karena NGO adalah perusahaan nirlaba, mereka cenderung lebih kolaboratif daripada komersial. NGO sebenarnya menggunakan banyak istilah.

Namun yang jelas, lembaga yang tergolong NGO adalah lembaga yang tidak ada hubungan atau pengaturannya dengan pemerintahan dan juga lebih cenderung bersifat nirlaba dan lebih mementingkan kepentingan masyarakat dan lingkungan terlebih dahulu.

Lembaga lain yang tergolong NGO adalah organisasi non-keagamaan dan non-militer.

Selain itu, perlu dicatat bahwa NGO sangat bergantung pada kegiatan sukarelawan yang tidak dibayar. Itu sebabnya masih ada beberapa perusahaan NGO yang menawarkan posisi untuk karyawan dan pekerja lepas.

Selain itu, World Bank mengklasifikasikan NGO menjadi dua bagian, yakni Operational NGO dan juga Advocacy NGO.

NGO Operational

Tujuan utama dari dibentuknya jenis NGO ini adalah untuk merancang dan juga menerapkan proyek pengembangan. Mereka akan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk bisa menjalankan proyek dan juga programnya. Proses tersebut biasanya memerlukan organisasi yang kompleks.

Jenis NGO operasional ini lantas terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu organisasi yang berbasis masyarakat, organisasi nasional, dan juga organisasi internasional.

Sepanjang tahun 1970 an hingga 1980 an, ada banyak sekali contoh kolaborasi yang dilakukan world bank dengan NGO yang melibatkan NGO internasional. Tapi, tren tersebut kini sudah berubah dan berbalik.

NGO Advokasi

NGO Advokasi dibuat untuk memertahankan dan juga memelihara suatu masalah khusus dan bergerak untuk memengaruhi kebijakan dan juga tindakan pemerintah atas masalah tersebut.

Organisasi ini juga akan berusaha keras untuk meningkatkan kesadaran dan kuga pengetahuan masyarakat dengan melakukan lobi, kegiatan pers, dan berbagai aktivitas lainnya.

Pada dasarnya, mereka akan bekerja melalui advokasi atau suatu isu yang tidak mengimplementasikan suatu program. Nantinya, kelompok ini akan menjalankan fungsinya yang hampir sama dengan kelompok operasional, tapi tetap dengan tingkatan dan juga komposisi yang beragam.

Jenis-Jenis Lembaga NGO

Berbeda dengan perusahaan lainnya, NGO adalah suatu lembaga yang memiliki berbagai macam orientasi. Dikutip dari laman Gdrc, NGO terbagi menjadi 4 jenis, yakni.

Charitable Orientation 

Charitable orientation NGO adalah suatu jenis NGO yang kegiatannya lebih diarahkan untuk memenuhi keperluan masyarakat miskin.

Service Orientation

Service Orientation NGO adalah jenis NGO yang lebih berbasis pada layanan masyarakat, seperti pendidikan, layanan kesehatan, dan perencanaan keluarga.

Participatory Orientation

Jenis NGO ini memiliki ciri-ciri sebagai proyek swadaya yang mana memiliki keterlibatan dari masyarakat, seperti proyek menyumbangkan uang, tanah, materi, peralatan, dan juga tenaga kerja.

Empowering Orientation

NGO jenis ini lebih fokus pada pengembangan pemahaman yang lebih jelas terkait faktor sosial, ekonomi, dan politik yang memengaruhi kehidupan masyarakat.

Empowering orientation NGO juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kemampuan mereka untuk bisa mengendalikan hidup melalui cara yang baik dengan adanya pemberdayaan.

NGO pun digolongkan kembali berdasarkan tingkat operasionalnya masing-masing. Dibawah ini adalah 4 jenis NGO pasca digolongkan berdasarkan level operasinya.

Community-based Organizations (CBOs)

Jenis NGO ini ada dan berkembang atas inisiatif berbagai komunitas seperti organisasi perempuan, organisasi lingkungan, klub olahraga, organisasi pendidikan, dll.

Sebenarnya, ada banyak jenis CBO, beberapa di antaranya didukung oleh NGO nasional dan internasional atau organisasi bilateral nasional dan internasional. Selebihnya menyatakan diri sebagai lembaga independen tanpa bantuan pihak lain.

Citywide Organizations

Citywide Organizations NGO adalah salah satu lembaga penyedia bantuan untuk setiap komunitas yang berada pada suatu kota. Namun, layanan mereka akan lebih fokus pada golongan masyarakat miskin yang ada pada komunitas tersebut.

NGO Nasional

NGO nasional adalah berbagai organisasi yang memiliki cakupan yang luas di dalam negeri, seperti Palang Merah Indonesia (PMI) atau lembaga layanan profesional lainnya.

Bahkan, beberapa NGO mempunyai cabang di beberapa negara dan memegang tanggung jawab dalam membantu NGO tersebut.

NGO internasional

NGO internasional lebih fokus dalam membantu semua komunitas yang ada di seluruh dunia dan memberikan wawasan pada berbagai NGO yang lebih kecil dari mereka.

Mereka memiliki orientasi yang beragam, tapi mereka sudah terpaku pada keperluan kesetaraan politik dan juga sosial di seluruh dunia. Contoh sederhana dari NGO internasional adalah Greenpeace dan WWF.

Peran NGO untuk Masyarakat

Selain itu, NGO juga memiliki enam peran penting lainnya, yaitu:

Pengembangan dan Pembangunan Infrastruktur

NGO mempunyai peran penting dalam membangun rumah, menyediakan infrastruktur sumur atau toilet umum, dll.

Mendukung Inovasi, Ujicoba dan Proyek Percontohan

NGO memiliki keunggulan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan proyek-proyek inovatif dan dapat secara eksplisit menyatakan jadwal mereka untuk mendukung pelaksanaan proyek-proyek tersebut.

Selain itu, NGO juga dapat bekerja dalam proyek percontohan proyek-proyek besar pemerintah karena mereka dapat bertindak lebih cepat daripada pemerintah sendiri yang memiliki proses birokrasi yang rumit secara internal.

Memfasilitasi Komunikasi

NGO juga bisa berperan sebagai penghubung, baik dari masyarakat ke pemerintah maupun sebaliknya. Komunikasi dari masyarakat kepada pemerintah meliputi informasi tentang apa yang dirasakan, dipikirkan dan juga dilakukan oleh masyarakat.

Pada saat yang sama, komunikasi pemerintah dengan publik mencakup berbagi informasi tentang rencana dan proyek pemerintah.

Selain itu, NGO juga dapat mentransfer informasi secara horizontal dengan membentuk jaringan organisasi lain yang bekerja di bidang yang sama.

Bantuan Teknis dan Pelatihan

Suatu institusi pelatihan dan lembaga NGO bisa menyusun dan memberikan pelatihan serta bantuan teknis lain untuk organisasi masyarakat dan juga pemerintah.

Penelitian, Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan evaluasi yang efektif pada sifat partisipatif pada suatu proyek akan membuahkan hasil yang baik untuk masyarakat dan juga staf proyek.

Advokasi untuk dan dengan Masyarakat Miskin

NgO juga dapat bertindak sebagai juru bicara dan perwakilan masyarakat miskin untuk mempengaruhi kebijakan dan program pemerintah.

Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti demonstrasi, partisipasi dalam forum publik untuk perumusan kebijakan pemerintah, proyek percontohan, publikasi penelitian masyarakat miskin dan studi kasus.

Oleh karena itu, dalam hal ini NGO dapat berperan sebagai advokat bagi masyarakat miskin dalam pelaksanaan program pemerintah, mulai dari membentuk opini dan mengkritisi rekan dan penasihat hingga mempromosikan proyek percontohan dan bertindak sebagai fasilitator.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again