1. Entrepreneur

Pengertian Usaha Perseorangan, Jenis dan Kelebihannya

Tertarik membuka usaha perseorangan? Pahami terlebih dahulu pengertian usaha perseorangan di sini.

Usaha perseorangan adalah salah satu jenis usaha yang dapat Anda temui dengan mudah di Indonesia. Usaha jenis ini biasanya menjadi langkah awal siapapun yang ingin terjun ke dunia bisnis. Jika Anda tertarik membuka usaha perseorangan, pastikan Anda telah memahami dengan baik pengertian usaha perseorangan.

Jika belum, tidak perlu khawatir. Selain pengertiannya, artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis usaha perseorangan hingga kelebihan dan kekurangannya. Sudah penasaran? Simak informasinya berikut ini.

Pengertian Usaha Perseorangan

Seperti namanya, usaha perseorangan merupakan jenis usaha yang dimiliki oleh seorang individu. Karena hanya dimiliki oleh satu orang, seluruh aktivitas dalam usaha juga hanya dikelola oleh individu tersebut sebagai pemilik tanpa ada campur tangan orang atau pihak lain.

Usaha yang termasuk ke dalam usaha perseorangan biasanya merupakan usaha berskala kecil dan menengah (UKM). Namun, beberapa usaha berskala besar seperti Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) juga termasuk ke dalam usaha perseorangan.

Kemudian, meski dikelola individu, usaha perseorangan tetap memanfaatkan teknologi agar memudahkan pemilik dalam mengelolanya. Seperti penggunaan aplikasi kasir digital, aplikasi manajemen keuangan, hingga penjualan melalui marketplace. Selain itu, usaha perseorangan juga tidak kalah menghasilkan jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Jenis-Jenis Usaha Perseorangan

Berikut ini adalah jenis-jenis usaha yang termasuk ke dalam usaha perseorangan:

Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan adalah jenis usaha perseorangan yang paling sering dijumpai di mana individu sebagai pemilik usaha menjual barang untuk memperoleh keuntungan.

Usaha dagang ini dapat dimulai dengan modal kecil dan tidak memerlukan keahlian khusus. Beberapa jenis usaha yang termasuk ke dalam usaha perdagangan antara lain pengecer, agen, dropship dan reseller, ekspor dan impor, hingga distribusi dalam skala besar.

Usaha Jasa

Selain usaha dengan aktivitas jual-beli barang fisik, seperti aksesoris, kebutuhan harian, dan lainnya, beberapa usaha yang menawarkan layanan jasa juga termasuk ke dalam usaha perseorangan.

Sama seperti usaha dagang, Anda juga dapat memulai usaha jasa dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal apabila Anda telah memiliki keahlian khusus.

Jika Anda tertarik membuka usaha perseorangan di bidang jasa, beberapa ide usaha jasa perseorangan yang bisa Anda pilih antara lain jasa fotografi, penulis artikel, penerjemah, les privat, dan masih banyak lagi.

Industri Kecil/Rumahan

Industri kecil ini merupakan usaha dengan konsep gabungan antara usaha jasa dengan usaha dagang. Sama seperti usaha jasa, industri kecil atau industri rumahan biasanya dijalankan dengan keterampilan tertentu. Namun, keterampilan ini nantinya akan menghasilkan produk berupa barang yang dijual-belikan sama seperti usaha dagang.

Beberapa peluang industri rumahan yang bisa Anda pilih yaitu produksi makanan ringan, bisnis buket bunga, bisnis souvenir pernikahan, dan masih banyak lagi.

Usaha Pertanian

Selain tiga jenis usaha di atas, banyak usaha perseorangan juga datang dari industri pertanian. Dalam industri pertanian, biasanya petani akan mengelola lahan sendiri dan menjual hasilnya untuk mendapatkan keuntungan dan modal yang sebelumnya telah dikeluarkan.

Di zaman serba digital seperti sekarang, usaha di bidang pertanian bukanlah usaha yang kuno lagi. Saat ini teknologi sudah banyak digunakan dalam usaha pertanian. Sehingga, usaha perseorangan satu ini juga memiliki peluang sukses yang besar.

Apabila tertarik, Anda bisa mencoba jenis usaha pertanian seperti budidaya tanaman hias, produksi pupuk tanaman, produksi buah dan sayur organik, hingga menjual alat-alat pertanian.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Perseorangan

Setiap jenis usaha tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apabila Anda tertarik mendirikan usaha perseorangan, berikut adalah kelebihan yang bisa Anda dapatkan:

  • Tidak dikenakan pajak,
  • Proses pembentukan cepat,
  • Biaya manajemen rendah,
  • Pemilik bebas mengambil keputusan terkait usahanya, dan
  • Tidak perlu membagi laba usaha ke pihak lain.

Sedangkan kekurangan dari usaha perseorangan antara lain:

  • Sumber modal terbatas,
  • Semua menjadi tanggung jawab pemilik,
  • Manajemen usaha mudah terganggu apabila pemilik kewalahan, dan
  • Kelangsungan usaha kurang terjamin.

Demikian pengertian usaha perseorangan, jenis-jenisnya, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang berniat membentuk usaha perseorangan, baik usaha dagang, usaha jasa, industri rumahan, maupun pertanian.

Header byPexels.

Free eBook

Panduan Facebook Marketplace untuk Pemula

Facebook Marketplace menawarkan peluang dan juga alat bagi UMKM untuk menjangkau 129,8 juta pengguna Facebook di Indonesia. Pelajari bagaimana cara memanfaatkan Facebook Marketplace untuk mendongkrak penjualan online Anda. Download panduannya sekarang, GRATIS!

Masukkan email Anda


Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again