12 Ide Usaha Jasa Freelance yang Banyak Dibutuhkan

Apakah Anda tengah mencari ide bisnis freelance sebagai sumber pendapatan? Jika iya, Anda sampai ke tempat yang tepat. Pada artikel ini akan dibagikan beberapa ide usaha jasa freelance yang bisa Anda jadikan sumber pendapatan karena banyaknya kebutuhan jasa tersebut.

Memulai usaha freelance adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih jika ingin memulai usaha dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal. Meski modal yang dikeluarkan sedikit, tapi hal itu tidak mengurangi potensi ide bisnis ini untuk bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Rekomendasi Ide Bisnis Freelance

Berikut ini terdapat 12 ide bisnis jasa freelance yang salah satunya mungkin bisa Anda coba karena merupakan keahlian Anda.

Namun, jika Anda belum memiliki keahlian khusus, Anda bisa memilih ide bisnis mana yang paling menarik dan memungkinkan untuk Anda coba. Setelah itu, coba untuk mulai mengasah skill Anda guna mewujudkan usaha tersebut.

Graphic Designer

Jika Anda tertarik atau memiliki keahlian di bidang menggambar atau mendesain, Anda bisa membuka bisnis jasa sebagai graphic designer atau desainer grafis. Jasa desain ini merupakan salah satu jasa yang banyak dicari oleh perorangan maupun organisasi.

Sebagai seorang desainer grafis, Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menawarkan pembuatan desain logo, brosur, gambar ilustrasi, hingga kebutuhan gambar untuk campaign.

Web Designer

Bisnis freelance sebagai web designer merupakan ide bisnis dimana Anda akan diminta untuk merancang sebuah website dengan tampilan yang sesuai dengan permintaan klien. Untuk menjadi seorang freelance web designer, Anda dituntut untuk bisa beragam bahasa pemrograman, seperti HTML, JavaScript, dan CSS.

Sekilas mungkin Anda akan melihat ide bisnis ini cukup sulit. Namun, nyatanya banyak orang yang tertarik menjadi web designer karena bayarannya yang sebanding dengan usaha yang dikeluarkan.

Data Entry

Setelah melihat ide freelance yang cukup sulit, sekarang mari berpindah ke ide freelance dengan tingkat kesulitan sebaliknya. Data entry adalah jenis freelance yang banyak diminati karena mudah untuk dilakukan, bahkan untuk Anda yang belum berpengalaman.

Tugas seorang data entry adalah memasukkan data ke database melalui form yang telah disediakan. Mudah, bukan?

Voice Over

Masih dengan ide freelance dengan tingkat kesulitan rendah. Voice over adalah salah satu ide jasa freelance yang menyenangkan untuk dijalankan. Jasa ini juga terbilang mudah karena Anda hanya akan diminta untuk merekam suara dengan nada atau tone yang sesuai dengan instruksi.

Contoh project untuk freelancevoice over antara lain mengisi suara untuk video game, membaca audiobook, dan merekam pembacaan instruksi untuk e-learning.

Photo Editor

Hobi mengedit foto? Anda bisa menjadikan hobi tersebut sebagai sumber pendapatan Anda dengan menjadi freelance photo editor. Meski terlihat mudah, namun tidak semua orang memahami bagaimana cara mengedit foto menggunakan tools profesional.

Untuk memulai usaha photo editor ini, setidaknya Anda harus menguasai tool edit foto yang umum digunakan, yakni Photoshop.

Digital Marketer

Jika mendengar kata digital marketer, mungkin bayangan yang akan muncul adalah sebuah posisi atau profesi di kantor. Namun, saat ini digital marketer juga bisa berdiri sendiri dengan membuka usaha jasa freelance digital marketer.

Jasa digital marketing ini merupakan jasa yang sedang ramai dicari oleh banyak konsumen, mulai dari perorangan hingga organisasi. Untuk bisa memulai ide bisnis jasa ini, Anda harus memahami berbagai macam strategi pemasaran daring, SEO, media sosial, dan lain sebagainya.

SEO Specialist

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa SEO adalah salah satu hal yang harus dipelajari oleh seorang digital marketer. Jika Anda sudah ahli dalam SEO, Anda juga bisa memulai ide freelance lainnya sebagai SEO Specialist.

Ide freelance ini juga banyak dicari. Selain itu, bayarannya pun tidak kalah menggiurkan, sama halnya seperti digital marketer dan ide freelance lainnya yang membutuhkan keahlian khusus.

Business Consultant

Ide bisnis freelance selanjutnya adalah business consultant. Jasa freelance konsultan bisnis ini juga termasuk ke dalam freelance dengan bayaran yang cukup besar. Bayaran yang cukup besar ini sebanding dengan tingkat kesulitan dalam proses pekerjaannya.

Tugas seorang konsultan bisnis adalah mengumpulkan dan menganalisis data untuk memecahkan suatu permasalahan dalam bisnis. Dikarenakan fokus pekerjaan ini pada permasalahan bisnis, maka klien jasa freelance ini mayoritas adalah bisnis besar atau bahkan tingkat perusahaan.

Content Creator atau Influencer

Anda pasti sudah tidak asing dengan ide freelance satu ini. Ya, content creator atau influencer merupakan jasa yang juga banyak dicari untuk melaksanakan tugas berupa promosi produk melalui media konten.

Untuk menjadi seorang content creator, Anda harus pandai dalam menggunakan media sosial, pembuatan konten, serta memahami bagaimana cara menarik audiences dan meningkatkan engagement untuk menikmati konten Anda.

Content Writer

Masih dengan ide freelance yang berhubungan dengan konten, kali ini datang dari jenis konten berupa tulisan. Seorang freelancecontent writer biasanya akan menangani sebuah project penulisan konten website berupa artikel untuk berbagai kebutuhan.

Ide usaha freelance penulis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keahlian atau menyukai dunia tulis-menulis. Terlebih lagi jika Anda juga memahami dasar-dasar SEO.

Translator

Berikutnya, menjadi freelance penerjemah juga merupakan ide usaha yang menjanjikan. Ide usaha ini juga cocok untuk Anda yang memiliki keahlian menulis dan berbicara bahasa asing. 

Beberapa bahasa asing dengan project terjemahan yang banyak tersedia adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea, bahasa Perancis, bahasa Jerman, dan bahasa Arab.

Photographer

Ide bisnis freelance terakhir adalah menjadi freelance photografer. Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, peluang usaha ini tentu bisa menjadi peluang usaha emas. Pasalnya, Anda bisa menghasilkan uang dengan melakukan hal yang Anda sukai.

Selain menjadi fotografer untuk klien, Anda juga bisa menjual berbagai foto yang Anda ambil ke situs fotografi yang memberikan bayaran.

Itu dia 12 ide bisnis freelance jasa yang bisa Anda coba. Semua ide bisnis di atas merupakan peluang usaha yang menjanjikan untuk semua orang, baik yang sudah memiliki keahlian maupun yang belum.

Selain itu, kedua belas bisnis freelance di atas juga umumnya bisa dilakukan secara remote. Sehingga, Anda bisa dengan mudah menghasilkan uang dari rumah.

Header by Pexels.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again