1. Entrepreneur

Sudah Tahu Plus Minus Bisnis Pakaian? Berikut Selengkapnya!

Anda tertarik untuk merambah bisnis pakaian? Inilah kelebihan dan kekurangannya.

Sandang, pangan, dan papan merupakan tiga kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi. Sandang yang berarti pakaian, memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh. Namun, kini pakaian juga menjadi media untuk mengekspresikan diri hingga cerminan status sosial.

Beragam kreasi dan inovasi dilakukan oleh pelaku bisnis di sektor pakaian. Tentunya, kedua hal tersebut wajib dilakukan karena sektor pakaian dihadapkan dengan kompetisi yang ketat serta tren yang cepat berganti. Namun, dukungan dari pemerintah turut mengimbangi kemajuan dari sektor ini.

Tertarik dengan bisnis pakaian? Simak pembahasan mengenai kelebihan serta kekurangan dari bisnis ini selengkapnya.

Kelebihan Bisnis Pakaian

Image by Pexels from Pixabay

  • Banyaknya permintaan

Seperti yang sudah dibahas di atas, pakaian merupakan kebutuhan primer manusia. Oleh sebab itu, manusia akan selalu membutuhkan pakaian sampai kapanpun. Dengan strategi bisnis yang tepat, produk Anda memiliki potensi laris di pasaran.

  • Tidak ada kedaluwarsa

Berbeda dengan makanan atau minuman yang memiliki batas kedaluwarsa, pakaian tidak terbatas masa simpannya. Selama produk pakaian disimpan secara baik, maka kualitasnya akan tetap terjaga dan layak jual.

  • Banyak ruang untuk berinovasi

Tren yang berubah dengan cepat juga memiliki sisi positif, di mana pelaku bisnis pakaian memiliki ruang untuk berinovasi. Sektor fashion memberikan kesempatan bagi pelakunya untuk memunculkan gagasan serta merealisasikannya. Sangat cocok untuk Anda yang punya segudang ide!

  • Distribusi tergolong mudah

Pakaian bukan merupakan barang mudah pecah atau sensitif dengan hal-hal tertentu. Oleh karena itu, Anda bisa dengan mudah mendistribusikan produk pakaian ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Hanya perlu plastik pelindung, maka produk Anda akan aman sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian, bisnis pakaian juga bisa menjamah target pasar yang sangat luas.

  • Dapat dilakukan secara online

Bisnis pakaian memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk melakukannya secara online. Dengan meningkatnya minat masyarakat akan penggunaan media sosial dan marketplace untuk berbelanja, Anda semakin mudah untuk berjualan tanpa perlu toko offline.

Selain itu, bisnis pakaian juga sangat memungkinkan untuk dilakukan dengan metode dropship, sehingga Anda hanya perlu bermodal ponsel dan internet saja!

Kekurangan Bisnis Pakaian

Image by Orna Wachman from Pixabay

  • Banyaknya kompetitor

Bisnis pakaian memang menggiurkan karena peminatnya yang selalu ada, hal itu menyebabkan banyaknya pelaku bisnis sektor ini. Persaingan yang ketat mengharuskan Anda untuk memutar otak agar produk yang Anda jual dipilih oleh target konsumen.

Namun jangan takut, dengan perencanaan yang matang, konsep yang unik, serta strategi pemasaran yang optimal, Anda pasti bisa sukses dalam bisnis pakaian!

  • Tren berubah dengan sangat cepat

Walaupun produk pakaian tidak akan kedaluwarsa, namun tren yang berubah dengan amat cepat dapat membuat produk tersebut 'basi'. Basi yang dimaksud adalah sudah tidak relevan dengan perkembangan tren, sehingga tidak lagi diminati.

Untuk mengatasinya, Anda harus selalu mengikuti tren agar produk yang Anda jual sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Modal relatif besar

Apabila bisnis pakaian bukan dijalankan dengan metode dropship atau reseller, dengan kata lain Anda merupakan produsen, maka modal yang diperlukan cukup besar. Hal tersebut lantaran banyak alat yang diperlukan, mulai dari mesin jahit, mesin neci, perlengkapan jahit lainnya, hingga biaya untuk riset dan pengembangan produk.

  • Biaya promosi besar

Kompetisi yang ketat membuat Anda perlu mengatur strategi pemasaran. Kini, pemasaran yang digandrungi adalah melalui sarana digital, seperti iklan di media sosial, kampanye, endorse, hingga penggunaan brand ambassador memerlukan biaya yang tak sedikit.

  • Repeat order cenderung kecil

Produk pakaian yang tidak memiliki masa kedaluwarsa memang menguntungkan. Tapi layaknya dua mata pisau, di sisi lain hal ini juga agaknya merugikan. Pakaian yang tahan lama dapat dipakai berkali-kali, sehingga orang cenderung menggunakannya dalam waktu lama dan tidak melakukan pembelian ulang atau repeat order.

Di sinilah inovasi sangat diperlukan, walau konsumen memiliki banyak pakaian, namun bila Anda bisa menyajikan produk yang dapat membuat mereka tergiur maka akan tetap laris di pasaran.Itu dia analisis kelebihan dan kekurangan dari bisnis pakaian. Sekarang, tentunya Anda telah memahami plus minus dari sektor bisnis ini. Apakah Anda  semakin tertarik atau justru ingin mengulik sektor bisnis lainnya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again