1. DScovery

Startup Adalah: Pengertian, Ciri, dan Contohnya di Indonesia

Istilah startup biasa digunakan untuk menyebut perusahaan yang belum lama berkembang di bidang teknologi.

Kamu tentunya sudah sering mendengar istilah startup, bukan? Startup biasanya digunakan untuk menyebut sebuah perusahaan berkembang yang menciptakan produk baik barang maupun layanan jasa.

Di Indonesia sendiri, jumlah startup mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada tahun 2018. Oleh sebab itu, startup dinilai dapat menjadi salah satu pilar ekonomi masyarakat Indonesia di era modern saat ini.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan startup dan apa saja ciri-cirinya? Simak jawabannya dalam artikel ini.

Pengertian Startup

Pada dasarnya, istilah startup mengacu pada perusahaan yang belum lama berkembang dan sering berikaitan dengan teknologi. Jadi, dapat dikatakan startup adalah sebuah bisnis yang didirikan oleh satu orang atau lebih yang ingin fokus mengembangkan produk dan layanan untuk memenuhi permintaan pasar.

Startup memiliki kunci utama pada inovasi. Untuk menjalankannya, startup membutuhkan modal besar meskipun pendapatannya masih terbatas. Oleh sebab itu, keberadaan investor atau venture capital sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan perusahaan jenis ini.

Modal awal yang dikeluarkan startup biasanya digunakan untuk mengembangkan rencana bisnis dan riset pasar untuk mengetahui respon pasar terhadap produk yang dikembangkan. Meski dianggap sulit berkembang, namun startup cukup menjanjikan karena dapat menciptakan peluang kerja yang cukup besar.

Ciri-Ciri Startup

Startup memiliki beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali, yakni:

  • Perusahaan masih berada di tahap awal atau berusia kurang dari 3 tahun.
  • Dirintis oleh beberapa orang dengan jumlah pegawai kurang dari 20 orang pada awal didirikan.
  • Biasanya bergerak dalam bidang teknologi, dengan produk yang diciptakan umumnya berupa aplikasi digital.
  • Biasanya beroperasi dengan memanfaatkan perkembangan internet, yakni melalui media sosial atau website.
  • Pendapatan per tahun kurang dari $100.000 dan belum meraup cukup keuntungan.

Contoh Startup di Indonesia

Saat ini, terdapat 1.190 jumlah startup yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa contoh startup yang ada di Indonesia.

1. Traveloka

Traveloka merupakan salah satu startup Indonesia yang sudah memiliki gelar unicorn. Traveloka sendiri didirikan sejak tahun 2012 lalu dengan layanan awalnya untuk menyediakan perbandingan harga tiket pesawat dari berbagai situs.

Kesuksesan Traveloka semakin meningkat setelah pada tahun 2014 lalu mulai fokus pada bisnis pemesanan kamar hotel dan pembuatan aplikasi berbasis Android dan iOS. Karena kesuksesannya ini, Traveloka berhasil memperoleh pendanaan dari perusahaan asing ternama serta beberapa investor lain senilai 500 juta USD.

2. GoTo

GoTo merupakan perusahaan hasil merger dari dua startup terkenal, Gojek dan Tokopedia. Gojek merupakan startup yang dikembangak sejak tahun 2010 dengan fokus pada layanan ojek online, pesan antar makanan, hingga pengangkutan barang.

Sementara Tokopedia telah diluncurkan sejak 2009 lalu sebagai salah satu situs belanja online. Setelah kurang lebih satu tahun berdiri, GoTo akhirnya memutuskan untuk melantai di bursa saham pada bulan Maret lalu.

3. Bobobox

Bobobox merupakan startup asal Bandung yang bergerak di bidang hospitality. Berbeda dengan bisnis hotel lainnya, Bobobox menawarkan layanan yang unik dengan menyediakan kamar kapsul dengan teknologi canggih di dalamnya. Saat ini, Bobobox sudah memiliki 15 cabang yang tersebar di pulau Jawa.

4. Halodoc

More Coverage:

Halodoc merupakan startup yang didirikan pada tahun 2016 dengan fokus utama memberikan akses mudah dalam menjawab permasalahan kesehatan di Indonesia. Saat ini, Halodoc menyediakan berbagai layanan kesehatan, mulai dari layanan konsultasi dokter, asuransi kesehatan, laboraturium, hingga pelayanan farmasi.

5. EFishery

EFishery merupakan startup yang bergerak dalam bidang akuakultur. EFishery memiliki tujuan untuk menyediakan produk perikanan sebagai sumber utama protein hewani untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Nah, itulah penjelasan mengenai startup beserta contohnya di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu mengenai startup.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again