1. DScovery

Surat Izin Tidak Masuk Kerja: Contoh dan Cara Membuat

Kamu tidak bisa bekerja karena ada alasan tertentu? Jangan lupa membuat surat izinnya!

Kalau kamu berhalangan tidak bisa bekerja, kamu harus membuat surat izin masuk kerja terlebih dahulu. Nantinya, surat itu akan dikirimkan ke atasanmu atau personalia perusahaan. Lalu, bagaimana sih cara membuat surat izin tidak masuk kerja itu?

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja. Jika perusahaanmu tidak memiliki format khusus surat izin kerja, kamu bisa menulis surat izin tidak masuk kerja sendiri dengan singkat dan jelas. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk kerja.

Format Surat Izin tidak masuk kerja

1. Identitas Diri

Hal yang paling penting dalam surat ini yaitu cantumkan identitas dirimu. Kamu bisa menuliskan nama dan jabatan atau divisimu. Tujuannya untuk memudahkan administrasi personalia perusahaan.

2. Tanggal Izin

Kedua, kamu harus mencantumkan tanggal izin hari kerjamu dengan benar. Sehingga, jika kamu memiliki deadline pada tanggal berikut pekerjaanmu bisa diambil alih terlebih dahulu oleh rekan kerjamu.

3. Tujuan Izin

Selain mencantumkan identitas diri dan tanggal izin, kamu juga perlu menuliskan tujuan izin kerja. Pastikan alasanmu logis dan bisa diterima oleh personalia. Tentu saja kamu harus menggunakan bahasa yang baku dan formal.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Walaupun bisa mengajukan izin tidak bekerja secara lisan, tetap saja seorang pekerja harus menuliskan izin tidak masuk kerja dalam bentuk surat. Pasalnya, bagi perusahaan yang membayar gaji pekerja dengan hitungan harian surat izin bisa membantu personalia dalam proses administrasi pekerjanya. Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja.

1. Contoh Surat Izin Kerja karena Sakit

Sumber: LinovHR

Alasan paling lumrah saat seseorang tidak bekerja yaitu karena alasan kesehatan. Setiap perusahaan menerapkan aturan yang berbeda-beda. Jadi, kalau kamu berhalangan untuk bekerja kamu bisa melampirkan surat dokter sebagai bukti pendukung izinmu. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan reimburse, lho.

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Sakit

Sumber: Suratresmi.com

Jika kamu merasa kurang sehat, kamu diharuskan memeriksakan diri ke dokter. Setelahnya, kamu bisa mengajukan diri untuk izin bekerja selama beberapa hari sampai tubuhmu sehat kembali.

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Menikah

Sumber: IDN Times

Kalau alasan yang satu ini, kamu bisa mengajukannya mulai dari jauh-jauh hari. Komunikasikan ke atasanmu kalau kamu ingin menikah. Pasti perusahaan akan mengerti, bisa saja pengajuan cutimu diterima.

Berikut artikel surat izin tidak masuk kerja. Kamu bisa menuliskan surat untuk mengajukan izin. Namun, tidak jarang perusahaan menerima izin dengan pesan non-formal saja melalui WhatssApp. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again