Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Struktur, dan Contoh

Surat lamaran kerja biasanya diperlukan sebagai surat pendukung saat melamar pekerjaan. Bagaimana sih, cara membuatnya? Yuk, simak tulisan berikut!

Selain melampirkanCurriculum Vitae (CV) dan portofolio, surat lamaran kerja tidak boleh terlupa, lho. Surat lamaran kerja umumnya berisi penjelasan singkat mengenai data dirimu, posisi yang ingin dilamar, serta alasan melamar posisi tersebut. Dengan melampirkan surat lamaran kerja yang menarik, kesempatanmu untuk diterima pekerjaan akan semakin besar, lho. Berikut informasi mengenai cara membuat surat lamaran kerja.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan sebuah surat yang biasa dijadikan sebagai surat pengantar saat pelamar ingin mengajukan lamaran kerja di sebuah perusahaan. Biasanya surat lamaran kerja hanya terdiri dari satu halaman dan berisikan beberapa paragraf inti saja.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Nah, dalam membuat surat lamaran kerja, terdapat struktur yang harus diperhatikan agar tidak terlewat, yaitu:

  1. Alamat penerima.

Pada bagian ini, kamu cukup menyertakan nama kabupaten/kota diikuti dengan nama provinsi. Contoh: Bogor, Jawa Barat.

  1. Perkenalan diri.

Cantumkan nama, alamat tinggal dan kontak yang bisa dihubungi.

  1. Penjelasan mengenai keahlian sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Pastikan pada paragraf ini kamu sudah mengemasnya dengan baik, karena paragraf inilah yang menentukan berhasil atau tidaknya kamu melamar pekerjaan.

Contoh:

Saya ingin melamar pada posisi Desain Grafis, dikarenakan saya mampu mengoperasikan perangkat lunak Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Sehingga kemampuan saya sangat relevan dengan posisi tersebut.

  1. Penjelasan mengenai pengalaman relevan dengan posisi yang diinginkan.

Contoh:

Selain itu, saya memiliki pengalaman sebagai Kepala Divisi Kominfo Himpunan Mahasiswa DKV selama 1 tahun. Selama menjabat pada posisi tersebut, saya bertugas dan bertanggungjawab untuk mendesain akun sosial media instagram dan membuat desain untuk poster apabila himpunan menyelenggarakan acara.

  1. Lampiran dokumen.

Pada bagian ini, kamu mencantumkan dokumen apa saja yang akan dijadikan lampiran. Lampiran yang diperlukan meliputi: CV, portofolio, pas foto dan identitas diri.

  1. Penutup

Kamu bisa menyampaikan harapan dan ucapan terimakasih pada bagian penutup.

Contoh:

Berikut saya lampirkan CV dan Portofolio saya. Semoga saya bisa bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu. Terimakasih atas kesempatannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Berhubung saat ini melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan mengirim email. Pastikan kamu menyertakan informasi dengan padat dan jelas agar mudah dibaca. Berikut contoh surat lamaran pekerjaan melalui email.

Yth. Personalia Daily Social

Melalui email ini, saya Muhammad Yazid bermaksud untuk melamar lowongan pekerjaan sebagai Content Writer Intern di Perusahaan Daily Social seperti yang dipublikasikan pada akun Twitter @dailysocial

Saat ini, saya memiliki latar belakang sebagai mahasiswa Program Studi Penerbitan. Saya banyak terlibat dalam dunia kepenulisan, konten dan jurnalis. Saya juga berpengalaman sebagai Pemimpin Redaksi LPM Majalah Ketik.

Dengan ini, saya yakin pengalaman dan kompetensi yang saya miliki bisa membawa banyak manfaat untuk mengisi posisi pada Writer. Berikut saya lampirkan riwayat hidup berisikan tautan portofolio saya.

Terimakasih atas waktunya, saya berharap dapat bergabung dan menjadi bagian dari Daily Social.

Hormat Saya,

Muhammad Yazid

Berikut informasi mengenai surat lamaran pekerjaan dan contohnya. Jadi, kamu jangan sampai salah lagi ya ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again