14 March 2016

by Bambang Winarso

Dua Smartphone Baru Xiaomi Bakal Beri Kejutan di Tahun Ini?

Keduanya adalah Xiaomi Mi Note 2 dan Redmi 3 dengan sensor sidik jari

Tak sulit menebak bahwa Xiaomi tak akan berhenti hanya di Mi 5. Diduga kuat pabrikan asal Tiongkok itu sedang mempersiapkan dua generasi baru untuk tahun 2016, yakni Mi Note 2 dan versi modifikasi Redmi 3. Dan sebagaimana sebelumnya, Xiaomi tak ingin tampil tampak kejutan. Menurut rumor terbaru, Xiaomi bakal mengikuti arus tren, yakni berupa layar melengkung di bagian tepi seperti yang dihadirkan oleh Vivo Xplay 5. Sementara untuk Redmi 3, Xiaomi dikabarkan melakukan modifikasi dengan membenamkan fitur sensor sidik jari di panel belakang perangkat.

Mi Note 2

Varian pendahulu Mi Note sebenarnya sudah dipoles dengan desain melengkung, tapi di panel bagian belakang. Xiaomi tampaknya ingin agar Mi Note mempertahankan image-nya sebagai phablet dengan desain terbaik di antara yang lain. Untuk itu, kabarnya mereka bakal menggunakan panel layar depan melengkung buatan Samsung seperti yang diadopsi oleh Vivo Xplay 5 tapi dengan penampang yang lebih lebar.

Ukuran tepatnya belum diketahui, namun tak akan jauh dari yang diusung oleh Mi Note terdahulu, yaitu di 5,7 inci. Demi performa, Xiaomi pun sangat mungkin membenamkan dapur pacu yang sama dengan Mi 5, berupa chipsetSnapdragon 820 dan RAM berkapasitas 4GB. Sejauh ini belum ada informasi soal kapasitas memori dan rincian lainnya. Bocoran ini sendiri pun terbilang sangat dini, apalagi Xiaomi saat ini sedang fokus mendorong penjualan Mi 5. Jadi, ke depan sangat mungkin bakal muncul lebih banyak rumor dan teaser sebelum ia resmi diluncurkan.

Redmi 3

Berikutnya, di sela-sela rumor Oppo R9 muncul kabar soal adanya varian modifikasi dari Xiaomi Redmi 3. Di mana di varian ini, Xiaomi berencana membenamkan sensor sidik jari di panel belakang perangkat yang di versi aslinya memang tidak tersedia.

Tak akan ada perubahan di sisi desain ataupun spesifikasi pada umumnya, ia masih akan membawa kamera 13MP dan 5MP, kemudian balutan unibody metal, jeroan berupa Qualcomm Snapdragon 616, grafis Adreno 405 dan RAM 2GB. Tak kalah menggembirakan, Xiaomi Redmi 3 juga memastikan diri jadi salah satu yang memboyong MIUI 7.1.

Kabar buruknya, berdasarkan bocoran TENNA, Xiaomi Redmi 3 hanya mengemas baterai berkapasitas 3.000mAh, jauh lebih rendah ketimbang varian asli yang membawa baterai sebesar 4.100mAh. Belum ada kabar kapan perangkat akan dirilis, begitu pula perihal harga keduanya.

Sumber berita SoftPedia dan GizChina.