1. Startup

Xurya Berencana Masuk ke Instalasi PLTS Atap untuk Area Perumahan

Sepanjang 2022, Xurya telah melakukan lebih dari 100 proyek instalasi PLTS Atap di Indonesia, 82 di antaranya telah beroperasi

Startup energi terbarukan Xurya mengungkapkan rencana untuk masuk ke area residensial. Ini dijadikan  langkah ekspansi memperluas adopsi pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) secara lebih masif. Sebelumnya perusahaan menjangkau segmen bisnis di lintas industri untuk melakukan instalasi PLTS Atap, dengan total 86 proyek yang telah beroperasi.

“Xurya berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mendukung industri dan ekonomi hijau di Indonesia, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya Xurya berencana untuk ekspansi bisnis instalasi PLTS Atap di sektor residential,” terang VP Marketing Xurya George Hadi Santoso saat dihubungi DailySocial.id.

Sayangnya ia tidak bersedia merinci kapan rencana tersebut dapat terealisasikan. Namun secara terpisah dalam wawancara bersama media, Co-founder dan CEO Xurya Eka Himawan sudah memberikan sinyal positif terkait ekspansi perusahaan ke segmen di luar B2B.

“Sampai sekarang masih di perusahaan-perusahaan, tapi kami memang tidak menutup kemungkinan [..] dan kami pasti akan melebar ke sektor pemerintahan dan masyarakat,” kata Eka.

Kompetitor terdekatnya, sudah sudah masuk ke segmen residensial, misalnya SolarKita dan SUN Energy. SolarKita mengklaim 80% penggunanya adalah kaum residensial, tersebar di Jabodetabek, Surakarta, dan Bali.

Menurut George, tidak hanya ekspansi ke segmen baru, pihaknya juga akan ekspansi pengguna B2B-nya ke luar Pulau Jawa agar semakin banyak industri yang menggunakan PLTS Atap. Dalam mendukung rencana tersebut, saat ini perusahaan telah membuka kantor cabang di Medan, Semarang, dan Surabaya.

Pencapaian Xurya

Dikutip secara terpisah dari keterangan resmi, Xurya memaparkan pencapaiannya sepanjang tahun lalu. Diklaim perusahaan berhasil memproduksi lebih dari 589,7 juta kWh energi bersih yang efektif menangkal sebanyak 548,4 juta kg CO2, serta membuka lapangan pekerjaan hijau untuk 1.792 orang.

Dalam rangka mendukung target pencapaian bauran energi nasional dari Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025, disebutkan bahwa Xurya telah melakukan lebih dari 100 proyek instalasi PLTS Atap di Indonesia, dengan rincian 86 proyek yang telah beroperasi dan 32 proyek lainnya yang masih dalam tahap konstruksi.

Menurut Eka, kebijakan dan arahan pemerintah mengenai penggunaan PLTS Atap untuk industri menjadi salah satu faktor terjadinya kenaikan permintaan instalasi.

“[..] Apa yang telah dicapai Xurya selama ini merupakan wujud keberhasilan kerja sama antara berbagai pihak yang menjadi semangat perusahaan untuk terus berkembang. Ke depannya, Xurya berkomitmen untuk dapat terus hadir dalam mengakomodasi dan berkontribusi dalam perkembangan industri hijau di Indonesia,” tutup Eka.

Pada Oktober 2022, perusahaan mendapat tambahan pendanaan Seri A dari perusahaan raksasa asal Jepang Mitsui & Co. dan PT Surya Semesta Internusa Tbk sebesar $11,5 juta atau setara Rp172,6 miliar.

More Coverage:

Sebelumnya, putaran ini pertama kali diumumkan pada Desember 2021 sebesar $21,5 juta dari East Ventures (Growth Fund), Saratoga, Schneider Electric, dan New Energy Nexus. Dengan demikian, total perolehan untuk putaran tersebut sebesar $33 juta atau setara Rp501 miliar.

Sebelum menggelar putaran seri A, Xurya memperoleh pendanaan tahap awal dari SEACEF, dana yang dikelola oleh Clime Capital). Dana tersebut didedikasikan untuk mempersiapkan bisnis energi bersih mendapatkan investasi skala besar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again