1. Entrepreneur

Mengenal Facebook Shops, Tempat Jualan Online yang Memanjakan UMKM

Pengertian Facebook Shops beserta fitur, layanan hingga keuntungan bagi pelaku usaha termasuk UMKM yang menggunakannya.

Facebook adalah platform media sosial yang tak hanya menghubungkan teman dan keluarga, tetapi juga produk, merek, dan bisnis. Facebook memperkenalkan layanan Facebook Shops sebagai marketplace yang diperuntukkan bagi pelaku usaha dalam berbisnis online.

Facebook berinovasi menghadirkan Facebook Shops karena melihat tren penggunanya yang banyak menggunakan platformnya untuk membeli dan menjual barang. Melalui Facebook Shops, platform ini memiliki misi untuk mempermudah pembelian dan penjualan online.

Facebook Shops memungkinkan pelaku usaha untuk membuat satu toko online yang dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan Instagram. Platform ini juga menyediakan beragam layanan dan fitur yang mendukung bisnis pelaku usaha.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait pengertian Facebook Shops beserta fitur, layanan hingga keuntungan bagi pelaku usaha termasuk UMKM yang menggunakannya.

Apa Itu Facebook Shops?

Facebook Shops merupakan marketplace atau layanan belanja mobile-first, di mana pelaku usaha dapat membuat toko online yang terhubung dengan platform media sosial seperti di Facebook dan Instagram secara gratis.

Toko memungkinkan pelaku usaha untuk menjajakan barang dagangannya kepada pelanggan secara online. Pelaku usaha dapat memilih item produk atau mana yang ingin ditampilkan, menambahkan barang dagangan ke koleksi produk, dan menceritakan kisah dengan font dan warna yang dapat disesuaikan.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat terhubung langsung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Messenger, atau Instagram Direct untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan dukungan, melacak pengiriman, dan lainnya.

Fitur dan Layanan Facebook Shops

Facebook Shops menyediakan berbagai fitur dan layanannya untuk membantu pelaku usaha membangun, menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara online. Ada pun beberapa fitur dan layanan tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • Terhubung dengan Instagram Shops

Selain Facebook Shops, perusahaan induk Facebook yang kini bernama Meta juga memperkenalkan Instagram Shop. Konsep layanan belanja ini sama dengan Facebook Shop, tetapi tersedia di platform media sosial Instagram. Facebook Shops dan Instagram Shops dapat digunakan oleh pelaku usaha secara saling terhubung.

  • Fitur Live-Shopping

Fitur live-shopping adalah fitur yang dapat digunakan pelaku usaha untuk menawarkan produk dagangannya melalui siaran langsung. Fitur ini memudahkan pelanggan untuk berbelanja secara real-time karena pelaku usaha akan menampilkan produknya di bagian bawah video.

  • Program Loyalitas

Facebook Shops menawarkan program loyalitas, dimana pelaku bisnis dapat membuat, mengelola, dan memunculkan program loyalitas bagi pelanggannya, seperti poin yang akan ditambahkan ke akun Facebook.

  • Didukung oleh Mitra

Dalam memaksimalkan fitur dan layanan untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha termasuk UMKM, Facebook Shops bekerja sama dengan mitra seperti Shopify, BigCommerce, WooCommerce, Channel Advisor, CedCommerce, Cafe24, Tienda Nube, dan Feedonomics.

Keuntungan Media Sosial Markeplace bagi UMKM

Bagi pelaku usaha, penggunaan media sosial dan marketplace tentu sangat berdampak baik bagi kelangsungan bisnis. Melalui layanan marketplace yang ditawarkan oleh platform media sosial Facebook seperti Facebook Shops, berikut keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha:

  • Pelaku bisnis termasuk UMKM dapat beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital saat ini.
  • Penggunaan media sosial marketplace mempermudah calon pelanggan untuk menemukan dan berbelanja hal-hal yang mereka sukai melalui media sosial.
  • Pelaku bisnis lebih mudah dalam mengelola toko online-nya sendiri dengan dapat memilih produk yang ingin mereka tampilkan dari katalog mereka dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko mereka dengan gambar sampul dan warna aksen yang menampilkan merek mereka.
  • Pelaku usaha dapat menghemat anggaran usaha mereka dalam melakukan pemasaran dan penjualan.
  • Bisnis dapat dilakukan secara online dan terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.
  • Pelaku usaha dapat menjadikan merek usahanya dikenal global karena media sosial bersifat universal.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again