MSME Tutorial

15 Rekomendasi Ide Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Kumpulan ide bisnis untuk Anak muda yang ingin memiliki sumber penghasilan.

Bisnis adalah sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan bagi semua kalangan, termasuk kalangan muda. Banyak sekali ide bisnis yang cocok dijalankan oleh anak muda, di antaranya adalah bisnis barang dan jasa yang juga dibutuhkan oleh anak muda lainnya.

Menjalankan bisnis juga bisa menjadi alternatif dan solusi bagi anak muda yang belum mendapatkan pekerjaan karena persaingan yang semakin tinggi di era dengan fenomena bonus demografi seperti saat ini.

Ide Bisnis untuk Anak Muda

Selain adanya tuntutan ekonomi, saat ini minat anak muda terhadap bisnis juga ternilai besar. Bahkan, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk merintis bisnisnya sendiri dibandingkan bekerja untuk perusahaan.

Jika Anda adalah salah satunya, berikut adalah 15 rekomendasi ide bisnis yang bisa Anda jalankan sebagai sumber penghasilan.

Skincare / Kosmetik

Kesadaran anak muda terhadap kesehatan kulit dan kecantikan kini semakin tinggi. Sehingga, produk-produk skincare dan kosmetik tentu sangat dibutuhkan. Atas dasar kebutuhan tersebut, menjual produk skincare dan kosmetik merupakan ide bisnis yang cocok untuk dijalankan oleh anak muda.

Untuk menjual produk tersebut, Anda tidak perlu menjadi expert dalam pembuatan skincare atau kosmetik. Anda bisa menjadi reselleratau dropshipper produk skincare atau kosmetik tertentu.

Fashion

Selain kesehatan kulit dan kecantikan, anak muda saat ini juga sangat aware terhadap gaya berpakaian. Untuk itu, bisnis barang fashion, seperti pakaian, sepatu, aksesoris, merupakan ide bisnis yang menjanjikan.

Berbeda dengan produk skincare atau kosmetik, Anda bisa membuat brand Anda sendiri dengan mudah apabila memutuskan untuk menjual produk fashion.

Thrift Shop

Thrift shop merupakan toko yang menjual barang bekas layak pakai. Membuka thrift shop, terutama thrift shop produk pakaian,telah menjadi tren di kalangan pengusaha muda hingga saat ini. Selain mudah karena tidak perlu memproduksi apapun, modalnya pun lebih murah dibandingkan membuka usaha barang fashion baru.

Thriftshop kini juga menjadi salah satu pilihan berbelanja banyak anak muda karena mereka sebagai pelanggan bisa mendapatkan produk dengan kualitas bagus, namun harga lebih terjangkau.

Gift Shop

Memberi hadiah bisa menjadi satu cara untuk menunjukkan rasa sayang ataupun rasa terima kasih. Jadi, memberikan hadiah bukanlah sebuah aksi yang bisa dilakukan jika ada momen tertentu saja. Hal itu juga saat ini telah disadari oleh banyak orang.

Maka dari itu, membuka usaha gift shop yang menjualbouquet atau paket kado ulang tahun unik merupakan sebuah ide bisnis yang patut untuk dicoba dan tentunya berpeluang untuk sukses.

Custom Case

Casing merupakan aksesoris smartphone yang sangat sering dicari. Selain untuk melindungi smartphone dari goresan, casing juga digunakan untuk mempercantik tampilan smartphone.

Dengan penggunaan smartphone yang kini sudah menjadi kebutuhan, menjual aksesorisnya tentu bisa menjadi peluang bisnis yang sama sukses. Untuk menarik pelanggan, Anda bisa menjual casing dengan model yang menarik dan casing yang bisa di-custom sesuai permintaan.

Birthday Cake (Baker)

Jika Anda memiliki keahlian membuat kue ulang tahun atau sejenisnya, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda tersebut. Meski terdengar konvensional, bisnis kue ulang tahun masih menjadi bisnis yang menjanjikan sampai saat ini.

Bahkan, untuk Anda yang belum memiliki keahlian tersebut namun tertarik untuk membuka bisnis birthday cake, Anda bisa mengikuti kursus-kursus bakeronline maupun offline.

Makanan Kekinian

Hobi dan keahlian memasak merupakan salah satu hobi dan keahlian yang dapat mendatangkan banyak keuntungan. Salah satu bisnis yang bisa Anda coba sebagai seseorang yang memiliki keahlian memasak adalah bisnis makanan kekinian. Makanan kekinian bisa berupa makanan ringan maupun berat.

Tren makanan memang cepat berubah, namun Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan terus beradaptasi dengan tren tersebut.

Menjual Produk Ramah Lingkungan

Peduli dengan lingkungan dan suka menggunakan produk-produk ramah lingkungan? Selain menjadi pengguna, Anda bisa turut menjual produk-produk ramah lingkungan.

Dengan menjual produk ramah lingkungan, Anda juga dapat mengedukasi pelanggan akan pentingnya menjaga lingkungan sambil mendapatkan pundi-pundi rupiah darinya.

Youtuber

Saat ini sudah banyak sekali anak muda yang sukses dan mendapatkan banyak uang melalui YouTube. YouTube memang merupakan salah satu platform yang memungkinkan Anda mendapatkan uang dari AdSense dan melalui konten video yang Anda buat.

Walaupun membangun channel YouTube di awal memang berat karena sulit mencari viewers dan subscribers, tapi jika Anda telah menemukan penonton setia, YouTube bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Content Creator

Content creator adalah sebutan untuk pembuat konten dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan. Banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten, seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Twitter.

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang content creator, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. Mulai dari ads hingga endorse.

Jual Tanaman

Tanaman, khususnya tanaman hias, menjadi salah satu produk dengan penjualan yang tinggi sejak pandemi. Jika Anda mau mempelajari cara menanam, merawat, hingga packing tanaman, bisnis ini bisa menjadi ide bisnis yang patut Anda coba. Karena tanpa kemauan untuk mempelajarinya, akan sulit untuk memulai bisnis tanaman.

Jasa Desain

Desain adalah skill yang tidak dikuasai oleh semua orang. Fakta tersebut membuka peluang bagi Anda, sebagai seorang yang memiliki kemampuan desain, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi penyedia jasa.

Jasa desain ini mencakup berbagai jenis desain. Anda bisa memfokuskan usaha jasa desain Anda kepada satu jenis desain. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan validasi ide usaha jasa desain Anda sebelum mengeksekusinya.

Make-Up Artist

Menjadi make-up artist adalah kemampuan yang bisa Anda pelajari. Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus ataupun otodidak melalui video-video TikTok atau Youtube.

Setelah mahir dalam make-up, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan membuka jasa sebagai make-up artist. Anda bisa membagikan proses dan hasil make-up Anda melalui media sosial Anda untuk menarik pelanggan.

Event Organizer

Bagi Anda yang menyukai kerja tim dan berpikir kreatif, membuka event organizer Anda sendiri adalah satu hal yang harus Anda coba. Anda bisa memulainya dengan event-event kecil dengan tim yang kecil, kemudian mengembangkannya dengan menambah anggota untuk merambah event lebih besar.

Kedai Kopi (Warkop)

Warkop atau kedai kopi merupakan salah satu tempat yang sering menjadi pilihan untuk anak muda menghabiskan waktu luang dengan nongkrong. Dengan latar belakang tersebut, warkop bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan untuk anak muda karena tidak pernah kehabisan pelanggan.

Selain menyajikan kopi, Anda juga bisa menyajikan makanan pendamping seperti kue pancong dan bubur kacang hijau untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menambah variasi menu.

Demikian 15 rekomendasi ide bisnis yang bisa menjadi pilihan untuk anak muda. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang ingin memiliki bisnis Anda sendiri di usia muda.

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, membuka warkop atau toko pakaian bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat. Namun, jika Anda ingin memulai bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal, Anda bisa menjadi content creator ataupun membuka usaha jasa. 

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter