12 Ide Bisnis dengan Modal 1 Juta yang Menguntungkan untuk Pemula

Punya modal 1 juta dan ingin buka bisnis? Berikut 12 peluang usaha dengan modal 1 juta yang bisa Anda coba.

Siapa bilang untuk memulai usaha harus menunggu hingga modal terkumpul banyak? Saat ini Anda sudah bisa memulai usaha dengan modal hanya 1 juta. Meski hanya 1 juta, usaha yang bisa dimulai bukan usaha sembarangan. Terdapat beberapa ide bisnis menguntungkan dengan modal 1 juta yang bisa Anda coba.

Namun, perlu diingat bahwa menguntungkan di sini tergantung dari bagaimana Anda mengelola usaha tersebut, terutama dari segi keuangan. Apapun jenis usaha yang Anda pilih, pastikan untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati mengingat modal yang Anda miliki terbatas.

Ide Bisnis Modal 1 Juta

Apabila Anda tertarik untuk memulai usaha dengan modal 1 juta, berikut ini adalah 12 ide bisnis yang bisa Anda jalankan.

Bisnis Aksesoris Handmade

Peluang usaha modal 1 juta yang pertama adalah usaha produk aksesoris handmade. Aksesoris merupakan produk yang selalu memiliki peminat. Untuk memulai usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki keahlian untuk membuat aksesoris tersebut sendiri. Contohnya aksesoris gantungan kunci, boneka rajutan, dan yang lainnya.

Thrift Shop

Bisnis thrifting merupakan jenis bisnis yang tengah trend beberapa tahun belakangan ini. Peluang bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha pakaian dengan modal hanya 1 juta. Saat ini sudah banyak supplier pakaian thrift yang menyediakan berbagai paket usaha, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Usaha Jilbab

Tertarik memulai usaha jilbab online dengan modal 1 juta? Tentu saja bisa. Mengingat pengguna kerudung atau jilbab di Indonesia cukup banyak, ide bisnis satu ini berpeluang untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Anda bisa memulainya dengan menentukan jenis jilbab yang ingin Anda jual. Kemudian, mencari supplier produk jilbab dengan harga terbaik atau supplier kain jika Anda berniat untuk memproduksinya sendiri.

Jasa Penulisan Artikel

Peluang bisnis selanjutnya datang dari bisnis jasa. Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis, Anda bisa membuka bisnis jasa penulisan artikel hanya dengan modal 1 juta atau bahkan kurang dari itu.

Dengan modal 1 juta tersebut, Anda bisa membangun website usaha jasa Anda dan melakukan promosi jasa penulisan artikel Anda di berbagai platform iklan berbayar.

Bisnis Tanaman

Sejak pandemi, banyak orang yang mulai tertarik dengan tanaman. Anda bisa memanfaatkan momen ini menjadi peluang untuk memperoleh penghasilan. Untuk bisa memulai bisnis tanaman sendiri Anda tidak memerlukan modal yang banyak.

Namun, pastikan Anda mempelajari ilmunya terlebih dahulu, mulai dari cara merawat tanaman, cara menjualnya, hingga teknik pengemasan saat akan dikirim.

Bisnis Ikan Hias Cupang

Selain tanaman, ikan hias juga menjadi ide bisnis dengan modal 1 juta yang berpeluang membawa banyak keuntungan. Anda bisa memulainya dengan menggunakan modal Anda membeli anakan ikan hias cupang yang berkualitas. Kemudian, rawat dan belikan pakan yang bermutu untuk nantinya bisa dijual kembali dengan harga tinggi.

Apabila Anda tidak ingin menunggu terlalu lama untuk menjualnya kembali, Anda bisa membeli ikan berkualitas pada acara lelang agar bisa memperolehnya dengan harga murah dan menjualnya kembali dengan cepat.

Toko Kelontong

Ingin membuka usaha di rumah? Toko kelontong bisa menjadi solusinya. Toko kelontong atau warung ini bisa memberikan Anda pendapatan tambahan sehari-hari. Dengan modal yang Anda miliki, yakni sebesar 1 juta, Anda bisa menggunakannya untuk membeli etalase bekas dan stok warung Anda. 

Untuk menghemat modal yang ada, Anda bisa menambah stok warung secara bertahap setelah melihat kebutuhan dari pelanggan. Contohnya, Anda bisa mulai dengan beberapa jenis kebutuhan dapur, mandi, dan jajanan. Setelah itu, Anda dapat menambahnya apabila ada barang request dari pelanggan yang akan dibeli rutin.

Usaha Pembuatan Parsel atau Hampers

Peminat parsel atau hampers saat ini tidak hanya muncul menjelang hari raya. Banyak orang yang ingin mengirimkan hampers untuk kado ulang tahun atau sekedar untuk mengucapkan terima kasih. Sehingga, bisnis pembuatan parsel atau hampers ini bisa menjadi ide bisnis menguntungkan.

Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak mengingat sistem usaha ini menyesuaikan dengan pesanan yang ada. Sehingga, Anda tidak perlu stok barang untuk di awal. Anda hanya perlu berbelanja untuk membuat contoh hampers dan saat ada pesanan.

Jasa Menjahit

Keahlian menjahit adalah keahlian yang tidak boleh Anda sia-siakan. Dengan keahlian tersebut, Anda berpeluang untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan sumber pendapatan. Jika Anda memiliki modal 1 juta dan ingin membuka jasa menjahit, Anda bisa memulainya dengan membeli peralatan menjahit, seperti mesin jahit bekas, benang, dan jarum.

Kemudian, Anda bisa memasang papan informasi sederhana atau spanduk bahwa Anda membuka jasa jahit. Selain itu, jangan lupa juga untuk promosi melalui media sosial, seperti status WhatsApp atau grup Facebook. Dengan begitu, orang-orang di lingkungan sekitar Anda bisa mengetahuinya.

Jasa Make Up Artist (MUA)

Menjadi seorang make up artist kini juga sedang menjadi trend di tengah kemudahan untuk belajar make up itu sendiri. Jika Anda sudah memiliki kemampuan menjadi make up artist, tidak ada salahnya untuk mencoba menghasilkan uang dari kemampuan tersebut.

Dengan modal 1 juta rupiah, Anda bisa menggunakannya untuk membeli berbagai macam kosmetik, kemudian minta kerabat Anda untuk menjadi model sukarela untuk Anda membuat portofolio. Setelah itu, jangan lupa untuk promosi atau beriklan. Anda bisa menggunakan platform iklan berbayar seperti Instagram Ads dengan sisa modal yang Anda miliki.

Bisnis Kue Kering

Bisnis di industri makanan tidak ada matinya. Salah satunya adalah bisnis kue kering. Kue kering adalah jenis kue yang banyak dicari saat menjelang hari raya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjualnya di hari biasa.

Dengan sedikitnya penjual yang menyajikan kue kering di luar momen hari raya membuat kesempatan Anda semakin besar untuk bisa menarik banyak pelanggan karena sedikitnya persaingan. Dengan modal 1 juta, Anda dapat mulai membuka usaha kue kering dengan membeli oven bekas dan bahan-bahan kue.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah jenis usaha yang tidak semua orang bisa membukanya. Apabila Anda adalah salah satu orang yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, pastikan Anda memanfaatkannya untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka jasa desain grafis.

Anda bisa menggunakan modal yang Anda miliki untuk berlangganan atau membeli tools berbayar yang Anda perlukan untuk mendukung proses desain. Setelah itu, jangan lupa untuk membuat portofolio dan mempromosikannya.

Saat ini, modal bukanlah kendala untuk memulai usaha mengingat terdapat banyak usaha yang bisa Anda mulai dengan modal hanya 1 juta rupiah. Apabila Anda menjalankan salah satu dari 12 ide bisnis modal 1 juta di atas dengan strategi yang benar, Anda bukan hanya bisa mendapatkan kembali modal yang Anda keluarkan, melainkan keuntungan yang berkali lipat.

Jadi, berapapun modal yang Anda miliki untuk memulai usaha, pastikan Anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Selamat mencoba!

Header byPexels.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again