[Ask the Expert] Kompilasi Pertanyaan: Problem Reset LG Optimus L9, Cara Membuat Blog dan BBM Error

 

Beberapa pertanyaan tiba di meja redaksi Trenologi khususnya dari kolom Ask the Expert. Cukup banyak, dan supaya tidak menumpuk dan kebetulan beberapa sudah dibahas, saya putuskan mengangkat lima pertanyaan sekaligus dalam satu pembahasan ini.

Pertanyaan Pertama

Selamat siang admin, saya user LG Optimus L9, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan, yang pertama setelah gadget saya reset, ketika menyimpan kontak tidak bisa menuliskan nama kontak tersebut, tiba tiba langsung ngehank alias balik lagi ke home screen. Yang kedua, aplikasi Whatsap dan BBM dan beberapa aplikasi yang lain pun ketika saya buka itupun kembali ngehank dan kembali ke home screen. mohon jawabannya.

Hendri Pratama 

Jawaban

Reset disiapkan oleh pengembang dengan maksud agar pengguna dapat mengatasi masalah-masalah darurat khususnya yang terkait dengan piranti lunak. Tapi ada batasan tertentu yang tidak bisa diatasi dengan reset. Sehingga diperlukan langkah terakhir yaitu melakukan flash.

Tetapi tindakan flash hanya disarankan dilakukan oleh ahli atau orang yang paham dengan prosedur dan resikonya. Jadi saran saya lakukan flash di service center LG atau ke counter yang Anda percayai. Tetapi sebelum Anda membawa perangkat ke service center, coba lakukan reset sebanyak 2x lagi. Jika masalah masih ditemukan, tidak ada cara lain yang bisa Anda lakukan, bawa ponsel ke service center atau counter terdekat.

Info Menarik: [Panduan Pemula] Tips Membeli Perangkat iOS Second

Pertanyaan Kedua

Bagaiman cara buka kunci hp dengan factory reset. Handphone saya merk smartfren.

Leonk

Jawaban

Leonk, untuk mengetahui cara membuka kunci smartphone, silahkan ke artikel ini. Sebagai tambahan baca juga artikel ini dan juga ini.

Pertanyaan Ketiga

Kenapa apk bbm saya sering error setiap saya keluar dari apk bbm tersebut, apk malah terhenti, ga selalu on.

Rizky Latif

Jawaban

Halo Rizky, sekarang pake BBM versi berapa, yang terbaru atau masih yang lama? Coba di-update ya. Ada banyak pembaruan dan perbaikan bugs yang dihadirkan oleh BlackBerry. Kalau ternyata sudah yang terbaru, coba di-instal ulang BBM-nya (bukan ponselnya).

Terus pastikan lagi aplikasi BBM tidak dipindahkan ke memori eksternal, biarkan saja di memori internal. Kalau pakai aplikasi task killer, pastikan BBM jangan dimasukkan ke dalam autokiller-nya. Semoga bisa menjawab permasalahan Rizky.

Pertanyaan Keempat

kenapa pesan bbm hanya bisa masuk kalau saya membuka aplikasinya, padalah keneksi datanya sudah hidup, dan pesan bbmnya juga baru masuk setelah 1 hari. Terima kasih.

Ninda

Jawaban

Halo Ninda, biasanya masalah seperti ini dikarenakan kondisi RAM perangkat sudah dalam status darurat alias penuh. Coba pasang aplikasi task killer yang bagus misalnya Clean Master atau yang menurut Anda bagus. Coba juga untuk membersihkan cache aplikasi BBMnya, baca artikel ini dan ini untuk referensi. Kemudian coba sekali-kali hubungkan koneksi ke WiFi terdekat, jika ternyata BBM lancar. Berarti Ninda perlu mempertimbangkan kembali pilihan operator kartu SIM yang saat ini digunakan.

Info Menarik: 2 Cara Unroot Perangkat Android Semua Tipe Tanpa PC

Pertanyaan Kelima

Gimana cara membuat blog?

Haryanto

Jawaban

Pertanyaan yang singkat dan langsung ke sasaran. Terima kasih ya Haryanto atas partisipasinya. Jawaban dari pertanyaan Anda sudah pernah kok TRL angkat ke dalam tulisan. Coba baca artikel ini, yang ini dan ini juga ya. Kalau masih belum paham, gunakan kolom komentar untuk menanyakan bagian mana yang masih belum dimengerti. Oke?

Sobat, itu dia kompilasi pertanyaan kolom Ask the Expert untuk minggu ini. Jika sobat ingin permasalahan Anda terkait gadget, game, blog, seo, atau apapun seputar teknologi diangkat ke dalam kolom ini. Silahkan kirimkan pertanyaan sobat ke tautan ini. Ditunggu ya...

Sumber gambar header Shutterstock.

Temukan tutorial Android lainnya di artikel-artikel berikut:

Cara Membuat Broadcast Message di WhatsAppCara Membuat Grup BBM AndroidCara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Xiaomi Tanpa Root[Panduan Pemula] Cara Memblokir Feed Update Status Teman di BBM Android3 Cara Membuka Smartphone Android yang Terkunci (Lupa Password)Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Aplikasi Greenify